Tujuan dari penelitian inia dalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelasVIII A SMP Negeri 13 Kota Ternate pada konsep getaran dan gelombang dengan penerapan pendekatan brain based learning. Desain penelitian ini  adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A dengan 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal-soal tes dalam bentuk essay pada tahap evaluasi, lembar observasi untuk guru dan lembar aktifitas siswa. Pada siklus I terdiri atas 8 soal essay dengan jumlah skor total 54, dan pada siklus II terdiri dari 9 soal essay dengan jumlah skor total 51. Setelah data dianalisis, diperoleh pada siklus I aktivitas guru 55,57%, aktivitas siswa rata-rata54,4%, jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 orang atau 52%. Pada siklus II data yang diperoleh, aktivitas siswa meningkat menjadi 80,26%, aktivitas guru 80%, jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 20 orang atau 80% . Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan brain based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep getaran dan gelombang
Â
KataKunci: Brain based learning, Hasil Belajar, Getaran dan Gelombang.