REVIEW IMPLEMENTASI PTK BERBASIS LESSON STUDY PADA DOSEN FKIP UNIVERSITAS KHAIRUN TERNATE
Abdu Mas'ud, Sundari Sundari
Sari
Penelitian Tindakan Kelas berbasis Lesson Studytelah dilaksanakan di Jurusan PMIPA FKIP Universitas Khairun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dan implementasi Lesson Study di Jurusan PMIPA dan partisipasi dan aktivitas kolaborasi dosen serta kompetensi dosen dalam menulis PTK berbasis Lesson Study pada Program Perluasan Lesson Study Batch 3. Metode pengambilan data dari tiap siklus PTK berbasis Lesson Study dengan metode observasi, angket dan wawancara.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa implementasi PTK berbasis Lesson Study di jurusan MIPA FKIP universitas Khairun Ternate pada Program Perluasan Lesson Study Batch 3 sudah sesuai dengan prinsip-prinsip PTK berbasis Lesson Study, dosen berpartisipasi sebagai dosen model dan observer. Tim dosen telah melaksanakan aktivitas kolaborasi dengan baik serta memiliki kompetensi yang cukup baik dalam menulis best practice Lesson Study dan Penelitian Tindakan kelas (PTK).
Â
Kata Kunci:Lesson Study, ptk, kolaborasi, karya ilmiah, dosen