PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI PENDIDIKANKEBENCANAAN TERHADAP PENGUASAAN MATERI SISWA DI SMKNEGERI 1 HALMAHERA BARAT

Fauji Suharto, Rohima Wahyu Ningrum

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terintegrasi pendidikan kebencanaan terhadap penguasaan materi siswa dan besar pengaruh pembelajaran fisika trintegrasi kebencanaan terhadap penguasaan materi. Desain penelitiannya yaitu desain eksperimen one-shot cose study dengan instrument yang digunakan adalah soal tes dan angket. Adapun teknik pengumpulan data adalah Teknik Tes dalam bentuk essay yang berjumlah 9 item dengan skor total 40 dan teknik analisis data menggunakan statistik uji-t.

Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran terintegrasi pendidikan kebencanaa terhadap penguasaan materi siswa. Hal ini dapat ditunjukan dengan perolehan data dianalisis dengan menggunakan uji regresi sederhana di peroleh Y= 33,9 1 + 0,04 X, pengujian keberartian persamaan regresi diperoleh Fhit = 4,69 dan Ftab = 4,3 5, untuk kelinieran persamaan regresi diperoleh Fhit = 1,78 dan Ftab = 2,97 koefesien korelasi diperoleh nilai r = 0,40 sedangkan untuk menguji keberartian korelasi diperoleh thit = 1,95 dan ttab = 1,725

                                               

Kata kunci:Pembelajaran Fisika Terintegrasi, Pendidikan Kebencanaan, Penguasaan materi.


Teks Lengkap:

Hal. 9-18


DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v3i2.1125

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:
Sultan Baabullah Airport Street, Campus-1 Universitas Khairun
Akehuda sub-district, North Ternate district, Ternate City 97728

Contact:
 saintifika@unkhair.ac.id
 +62 857 3577 5015 (Aji Saputra, M.Pd)
 +62 823 6233 7804 (Hutri Handayani Isra, M.Pd)