EKSPLORASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI HIMPUNAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING

Alfi Nur, Karman La Nani

Sari


Pelaksanaan kurikulum 2013 merekomendasikan penggunaan model Discovery Learning sebagai suatu model pembelajaran inovatif untuk mengembangkan sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa. Penerapan model Discovery Learning mengarahkan siswa agar mampu menemukan informasi dan memahami konsep yang dipelajari secara mandiri berdasarkan kemampuan yang dimilikinya dengan bimbingan dan pengawasan guru. Penerapan model Discovery Learning, siswa diarahkan untuk mencari tahu (discovery) objek konsep yang dipelajarinya, bukan diberi tahu. Mempelajari materi himpunan, siswa diarahkan untuk memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya dengan mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak sehubungan dengan materi himpunan. Penggunaan model discovery learning, diharapkan dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa dalam memahami materi himpunan. Penelitian tindakan kelas ini menjadikan 32 siswa kelas VIIA sebagai obyek penelitian. Data kemampuan pemahaman matematis siswa diperoleh melalui aktivitas proses pembelajaran dan tes formatif materi himpunan setelah penerapan model Discovery Learning. Hasil tes kemampuan pemahaman matematis siswa bahwa terdapat 19 siswa (59,37%) mencapai kualifikasi kemampuan pemahaman matematis dalam kategori baik sekali, 9 siswa (28,13%) mencapai kualifikasi kemampuan pemahaman matematis dalam kategori baik, dan 4 siswa (12,50%) dalam kualifikasi cukup. Pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa, terdapat 28 siswa (87,50%) mencapai ketuntasan dan 4 siswa (12,50%) belum mencapai ketuntasan dalam belajar matematika materi himpunan.  Penerapan model discovery learning secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Kota Ternate pada materi himpunan.      

 

Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa, Model Discovery Learningdan   Konsep Himpunan


Teks Lengkap:

Hal. 19-24


DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v3i2.1136

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â   

slot gacor slot