Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Momentum dan Impuls Kelas X Mia 5 SMA Negeri 1 Kota Ternate
Safrudin Ismail, Hj. Mardiah Hi. Rahman, Nurlaela Muhammad
Sari
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi momentum dan impuls dengan menggunakan bentuk penelitian paradigma sederhana. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis dengan skor terendah 35, skor tertinggi 96, rentang skor 61, skor rata-rata 63,42, standar deviasi 9,92 dan varians 281,56. Dari data tersebut dibuat distribusi frekuensi data variabel keterampilan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Kota Ternate. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thit > ttab, atau 4,65 >2,03 pada taraf nyata  = 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian menunjukkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 1 Kota Ternate pada materi Momentum dan Impuls. Besar pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 1 Kota Ternate pada materi Momentum dan Impuls adalah 39,18% .
Â
Kata Kunci :Guided Inquiry, Hasil Belajar, Momentum dan Impuls.