Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stickterhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Kota Tidore Kepulauan Kelas VIII-3 Pada Konsep Gerak
Sitti Dahlia Abdul Fatah, Rahim Achmad, sumarni Sahjat
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa kelas VIII-3Â SMP Negeri 1 Kota Tidore Kepulauan pada konsep gerak, 2. besar pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa kelas VIII-3Â SMP Negeri 1 Kota Tidore Kepulauan pada konsep gerak. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kota Tidore Kepulauan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antar variabel X dan Y. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Tidore Kepualaun. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa dari kelas VIII-3 dari keseluruhan populasi yang dipilih. Teknik dalam penelitian ini adalah tes dan non tes berupa soal essay dan angket, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi sederhana dan korelasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa. Diperoleh , dengan keberartian persamaan regresi diperoleh Fhit > Ftab (10,12 > 4,22 ), dan koefesien korelasi diperoleh nilai r = 0,53. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Kota Tidore Kepulauan Pada Konsep Gerak.
Â
Kata Kunci: Model Pembelajaran Talking Stick, Hasil Belajar Siswa, Gerak