PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 KOTA TERNATE

Nurfatimah Sugrah, Abd. Rasid Saraha, Hariman Hi. Djumat

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Problem based learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kota Ternate. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MEA SMA Negeri 4 Kota Ternate tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling dan kelas yang terpilih adalah kelas XI MEA 3 dan MEA 4. Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS 20 menggunakan ANACOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,306 > 0,05 menunjukkan tidak ada pengaruh model pembelajaran Problem based learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kota Ternate pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan.

Kata Kunci: Problem Based Learning, berpikir kritis, IPA, Kota Ternate


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v1i1.329

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:
Sultan Baabullah Airport Street, Campus-1 Universitas Khairun
Akehuda sub-district, North Ternate district, Ternate City 97728

Contact:
 saintifika@unkhair.ac.id
 +62 857 3577 5015 (Aji Saputra, M.Pd)
 +62 823 6233 7804 (Hutri Handayani Isra, M.Pd)