IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BASED ON WRITING EKSPERIMENTAL REPORT (BW-ExPort) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GERAK LURUS KELAS X MIPA SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE.

Jumria Dano Jafar, Nasrun Balulu, Masrifah Masrifah

Sari


Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis , rendahnya penulisan laporan eksperimen siswa, kurang efektifnya model yang digunakan untuk melatih keterampilan menulis yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran fisika serta proses pembelajaran dan bahan ajar fisika di SMA belum sesuai dengan kebutuhan siswa, terutama dalam keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dan desain penelitian yang digunakan adalah One-group prettes-posttest. Dengan menggunakan paradigma penelitian yaitu terdiri atas satu variabel independen dan satu variabel dependen.

Penelitian ini berupa penelitian eksperimen, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis, kosinsitensi peningkatan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran, aktivitas belajar, respon dan Implementasi Model Pembelajaran Based On Writing Eksperimental Report  (BW-ExPort) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa  Pada Materi Gerak Lurus kelas X MIPA SMA Negeri 5 Kota Ternate.

Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata X1 dan X2 sebesar 0,50 dan 0,48, varians dari variabel X1 dan X2 yaitu 10,15 dan 10,56 dan standar deviasi gabungan diperoleh nilai sebesar 0,16 setelah mendapatkan nilai varians data tersebut dicari homogenitasnya, ternyata nilai Fhit < Ftab atau 1,39 < 3,00. Oleh karena itu data variansnya dapat dikatakan homogen.  Setelah data dinyatakan homogen data selanjutnya diuji rata-rata dua pihak atau uji komperatif, yang dimana di peroleh thit < ttab atau 0,4 < 1,69dengan demikian Ha ditolak dan H0 diterima. Yang artinya tidak terdapat perbedaan dalam penerapan model pembalajaran di kelas MIPA 2 maupun MIPA 3 yang demikian dapat dinyatakan model pembelajaran based on writing eksperimental report konsisten dalam penerapannya dikelas.

 

Kata kunci : Based On Writing Eksperimental Report, Keterampilan Berpikir Kritis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. Diakses 26 April 2019 https://asefts63.files.wordpress.com/2011/01/permendiknas-no-22-tahun-2006-standar-isi.pdf.

Slavin, Robert, E. 2011. Psikologi pendidikan, teori dan pratek. Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Indeks.

Kane dan Browne (2010). Laboratory report writing on optical physics undergraduate Labs–draft and feedback processes to facilitate student learning & skill development. Department of Physics, Macquarie University Sydney, NSW 2109, Australia.

Schafersman, S. D. (2010). An introduction to critical thinking. Tersedia. http://www.freeinquiry.com/critical-thinking.html. [20 Januari 2013].

PISA .2012. Result: what Student Know and Can Do – Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Volume I), PISA, OECD Publishing, http://dx.doi.org/10.1787/978926420111-en.

Nasrun Balulu. 2017. Model Pembelajaran Fisika Berbasis Penulisan Laporan Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Di SMA Universitas Negeri Surabaya Program Pascasarjana. Program Studi Pendidikan Sains.




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v5i1.3634

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â