KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR

Nur Fajar Mudakir, Joko Suratno, Nurma Angkotasan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dalam menyelesaikan soal program linear. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan adalah instumen tes, wawancara dan dokumentasi. Siswa diminta untuk mengerjakan soal tes kemampuan berpikir reflektif matematis siswa (KBRMS), kemudian diwawancarai untuk memperoleh lebih mendalam tentang kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dalam menyelesaikan soal program linear. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, paparan data, tringulasi data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 8 Kota Ternate yang berjumlah 33 subjek, dengan perwakilan subjek pada penelitian adalah S-22 dengan KBRMS kategori tingggi, S-25 dengan KBRMS kategori sedang, dan KBRMS S-13 dengan kategori rendah. Hasil penelitian kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dalam menyelesaikan soal program linear sebagai berikut: 1) sebanyak 2 (6,06%) siswa memenuhi kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dengan dengan kategori tinggi, artinya subjek mampu menghubungkan pengetahuan baru dengan pemahaman terdahulu, mampu menemukan hubungan dan memformulasikan penyelesaian, serta mampu mengevaluasi proses penyelesaian dengan benar walaupun belum lengkap; 2) sebanyak 1 (3,03%) siswa memenuhi kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dengan dengan kategori sedang, artinya subjek mampu menghubungkan pengetahuan baru dengan pemahaman terdahulu dengan benar walaupun belum lengkap, mampu menemukan hubungan dan memformulasikan penyelesaian, serta mampu mengevaluasi proses penyelesaian dengan benar walaupun belum lengkap; dan 3) sebanyak 30 (90,9%) siswa memenuhi kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dengan dengan kategori rendah, artinya subjek mampu menghubungkan pengetahuan baru dengan pemahaman terdahulu serta menemukan hubungan dan memformulasikan penyelesaian dengan benar tetapi tidak lengkap, dan belum mampu mengevaluasi proses penyelesaian.

 

Kata kunci: kemampuan berpikir reflektif matematis, program linear

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Mentari, N., Nindisari, H., dan Pamungkas, A.S. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Berdasarkan Gaya Belajar. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 2, No. 1. 31-42. Jakarta: FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Adenia, W. O. 2019. Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Garis Singgung Lingkaran berdasarkan Kemampuan Matematika. Skripsi. Ternate: Universitas Khairun Ternate.

Kusumaningrum, M dan Saefudin, A.A. 2012. “Mengoptimalkan Kemampuan

Berpikir Matematika Melalui Pemecahan Masalah Matematikaâ€. Makalah ini disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Prihatini, H. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Mts. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada.

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharna, H., dkk. 2013. Berpikir Reflektif Mahasiswa dalam Menyelesaikan

Masalah Matematika. Universitas Khairun, Universitas Negeri Malang. KNPM V, Himpunan Matematika Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v5i1.3635

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â