ANALISIS KESALAHAN SKILL DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA STUDI KASUS SISWA KELAS X MIA 6 SMA NEGERI 4 KOTA TERNATE

Sahjuan Umasangaji, Yahya Hairun, Ahmad Afandi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan skill apa yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tipe studi kasus, subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 6 SMA Negerei 4 Kota Ternate. Pengumpulan data penelitian ini mengunakan instrumen tes soal sistem pertidaksamaan linear dua variabel berbentuk essay sebanyak 2 butir soal serta telah divalidasi oleh 2 penguji dan instrumen non tes wawancara tak terstruktur. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan: 1) Butir Soal nomor 1,pada Butir Soal nomor 1, terdapat 3 siswa  (60%)  yang mengalami kesalahan skill pada indakator kesalahan siswa dalam melakukan perhitungan pada sistem pertidaksamaan linear dua variabel terkait dengan grafik. Pada butir soal nomor 2 terdapat 2 siswa (40%) yang mengalami kesalahan skill pada indikator kesalahan siswa dalam menerjemahkan soal cerita kedalam model matematika pada materi sistem pertidaksamaan linier dua variabel terkait dengan menentukan model matematika dari soal cerita.

 

Kata Kunci: Kesalahan Skill, Sistem Pertidaksamaan Linear dua Variabel


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abiding, Z. 2012. Analisis Kesalahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN AR-RANIRY dalam Mata kuliah Trigonometri dan Kalkulus I. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Volume (13), 183-196.

Alamsyah, M. 2017. Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Dasar Pada Siswa Kelas VIII MTsN Balang-Balang. Skripsi. UIN Alauddin Makassar.

Andar , Ikman, 2006. Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Ujian Semester Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10. Jurnal Penelitian Pendididkan Matematika, Kendari, Vol 4.

Ayarsha, R. (2016). Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Sola Matematika Berdasarkan Kriteria. Artikel Skripsi, Surabaya.

Destiana Vidya Prastiwi. (2011). Hubungan Antara Konsentrasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Sekecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo. Skripsi tidak diterbitkan.Universitas Negeri Yogyakarta.

Gajali, R. Y, 2016. Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Pendidikan Matematika, Banjarmasin

Hairun Y. 2020. Evaluasi dan Penilaian dalam Pembelajaran. Deepublish (Grup Penerbit CV Budi Utama). Jogjakarta

Hairun Y, Nani L. K, Afandi A, 2017. Analisis Kesulitan Guru SD Peserta Plpg Kota Ternate Tahun 2016 dalam Menyelesaikan Soal Ujian Kompetensi Nasioal (UKN). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun Ternate. Jurnal Penelitian Humano

Hasan S, 2019. Analisis Kesalahan Konsep pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linier Dua Variabel. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Khairun Ternate.

Hasratuddin, 2014. Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang Akan Datang Berbasis Karakte. Jurusan Matematika, Universitas Negeri Medan.

Januari Eva, 2017. Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan Bangun Ruang Di Smp Kristen Maranatha Pontianak. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjung Pura Pontianak

Jayanti M, Wiranto Y, 2017. Perancangan Media Siap Un Matematika Smp Berbasis Android. Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI1

Marpaung, Radiat, Queen, Nur, 2018. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika di MTs Swasta Aisyiyah Sumatra Utara. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan.

Masriyah, Rahayu, Endah Budi. 2007. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Terbuka.

Minaldi dkk. 2014. Analisis kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP. Jurnal. Program Studi Pendidikan Matematika Fkip Untan.

Mulyani M dan Muhtadi D, 2019. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Tipe Higher Order Thinking Skill di Tinjau dari Gender. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universita Siliwangi, Vol (12) Nomor 1.

Ngura R E, Rahayuningsih S, Khasanah F, 2020. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Siswa Kelas X SMK Shalahuddin 1 Malang. Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Wisnuwardhana Malang.

Nuryanti, E.dkk. 2015. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Bentuk Aljabar di Kelas VIII SMP. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untan, Pontianak.

Sahria, Sitti. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Pendidikan Matematika Universitas Malang.

Shadiq, Fadjar. 2014. Pembelajaran Matematika: Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu

Shadiq, F. dan Nur Amini Mustajab. (2011). Penerapan Teori Belajar dalam Pembelajaraan Matematika di SD. Yogyakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumalawan,hidayat (2014). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika materi pokok bilangan pecahan siswa kelas VII SMP Negeri se-Kota Kendari. Kendari: UHO

Suriyanto, 2017. Mengobarkan Api Matematika. Bandung: cv jejak.

Sutawidjaja A, Dahlan J. A. 2011. Pembelajaran Matematika. Jakarta: UT




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v5i1.3637

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â