PENINGKATAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENCAPAI HASIL BELAJAR FISIKA MATERI GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB) PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 HALMAHERA SELATAN

Rusni R Rifai

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatan hasil belajar fisika materi gerak lurus berubah beraturan (GLBB) pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Halmahera Selatan.Subjek penelitian  adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Halmahera Selatandengan jumlah siswa 25. Sampel penelitian ini diambil dengan cara cluster sampling setelah diperoleh 2 kelas VIIA yang berjumlah 13 peserta didik dan kelas VIIB yang berjumlah 12 peserta didik, kemudian menentukan kelas eksperimen dan kelas control dengan menggunakan random.Kemampuan awal siswa pada materi GLBB sebelum KBM degan menggunakan metode inquiri, berada di bawah Standar Ketuntasan Belajar Minimum baik klasikal maupun individual dengan rata-rata pencapaian siswa adalah 10,73. Disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran inquiri materi GLBB mampu meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Halmahera Selatan.

 

Kata Kunci : Metode Inquiri dan Hasil Belajar Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto. S, 1997, Prosedur Penelitian, Jakarta, Rineka Cipta.

Basir, A., 1998. Evaluasi pendidikan, Universitas Airlangga.

Darsono, Max dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Gulo, W. 2002.Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Balai Pustaka.

Karhami. 1998. Panduan Pembelajaran Fisika SLTP. Jakarta: Rineka Cipta

Kanginan M., 2004. Fisika Kelas VII. Jakarta, Erlangga.

Nasution.1992. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Bandung: Tarsito.

Salim. A, Ningrum R.W, Muhammad. N, Cebba. M,2019. Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif tipe script terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate pada konsep Gerak, Vol 4. No 1 (2019) Sainstifik@ Jurnal Pendidikan MIPA.

Sanjaya. W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Grup.

Sudjana, N. dan Ibrahim 1989, Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung. Sinar

Sumantri, Mulyani dan Permana, Johan. 1999. Strategi Belajar-Mengajar.Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Sudjana, N, 1989, Penelitian Proses Hasil Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Taranggono A. dkk., 2002, Fisika Ia Untuk Kelas VII, Jakarta, Bumi Aksara.

Widja, I Gede. 1989. Dasar-Dasar Pengembangan Strategi Serta Metode-Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v5i1.3640

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â