ANALISIS KESALAHAN KONSEP DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR LINEAR PADA STUDI KASUS MAHASISWA MATEMATIKA SEMESTER IV ANGKATAN 2016

Haris Munandar Abas, Yahya Hairun, Wilda Syam Tonra

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesalahan konsep mahasiswa matematika dalam menyelesaikan soal aljabar linear. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika semester IV Angkatan 2016. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen tes soal aljabar linear berbentuk essay dan instrumen non tes yaitu wawancara tak terstruktur. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif mengacu pada Pedoman Acuan Patokan (PAP) Skala 5 untuk menyatakan kualifikasi kemampuan.

Hasil analisis data menunjukan: 1) untuk soal nomor 1, terdapat 5 dari 25 mahasiswa (20%) yang mengalami kesalahan konsep pada indikator memahami konsep dan merumuskan konsep dalam menyelesaikan soal aljabar linear terkait Operasi Baris Elementer (OBE); 2) untuk soal nomor 2, terdapat 15 dari 25 mahasiswa (60%) yang mengalami kesalahan konsep pada indikator menuliskan konsep dan merumuskan konsep dalam menyelesaikan soal aljabar linear terkait mennetukan determinan dengan cara sarrus; 3) untuk soal nomor 3, terdapat 8 dari 25 mahasiswa (32%) yang mengalami kesalahan pada indikator merumuskan konsep dalam menyelesaikan soal aljabar linear terkait menentukan determinan dengan ekspansi baris pertama; 4) untuk soal nomor 4, terdapat 2 dari 25 mahasiswa (8%) yang mengalami kesalahan konsep pada indikator merumuskan konsep dalam menyelesaikan soal aljabar linear terkait menentukan invers matriks; 5) terdapat 17 dari 25 mahasiswa (68%) yang mengalami kesalahan konsep pada indikator memahami konsep dan merumuskan konsep dalam menyelesaikan soal aljabar linear terkait menentukan nilai variabel-variabel dengan aturan cramer.

 

Kata Kunci: Kesalahan Konsep Matematika, Aljabar Linear.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Onso, T.L. 2007. Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal UAS Fisika Zat Padat. Skripsi, Universitas Khairun, Ternate.

Siswanti, A.I. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Skripsi, Universitas Khairun, Ternate.

Rosmaiyadi. 2018. Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Aljabar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 12. Nomor 1. pp. 59-70.

Abdullah, S. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Tipe Number Head Together dalam Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis pada Operasi Bentuk Aljabar. Skripsi, Universitas Khairun, Ternate.

Herutomo, R.A. & Mulyono, T.E. 2014. Analisis Kesalahan dan Miskonsepsi Siswa Kelas VIII Pada Materi Aljabar. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran. Volume 1. Nomor 2.

Herutomo, RA. 2017. Miskonsepsi Aljabar: Konteks Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 1. Nomor 1. Hal. 1-8.

Natalia, K. dkk. 2016. Miskonsepsi Pada Penyelesaian Soal Aljabar Siswa Kelas VIII Berdasarkan Proses Berpikir Mason. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Volume 1. Nomor 10.

Adila, M.B. 2017. Analisis Pemahaman Konsep Aljabar pada Mata Kuliah Aljabar Linear Elementer Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar Angkatan 2016. Skripsi, UIN Alauddin Makassar.

Nawawi, H. 2012. Metode Peneltian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Yuniati, S. 2014. Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Jurnal Beta. Volume 7. Nomor 2.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nurianti, E. dkk. 2015. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Bentuk Aljabar Dikelas VIII SMP. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untan, Pontianak.

Thoha, C. 1991. Tekhnik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Hasan, I. 2001. Pokok-Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferentif). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hidayat, B.R. dkk. 2013. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Ruang Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi. Volume 1. Nomor 1.

Chow, T.C.F. 2011. Students’ Difficulties, Conceptions and Attitudes Towards Learning Algebra: An Intervention Study to Improve Teaching and Learning. The thesis is presented for the Degree of Doctor of Mathematics Education, University of Curtin.

Malikha, Z. & Amir, M.F. 2018. Analisis Miskonsepsi Kelas V-B MIN Buduran Sidoarjo pada materi pecahan ditinjau dari Kemampuan Matematika. Mathematics Education Jurnal. Volume 1. Nomor 2.




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v5i1.3641

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â