PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 10 SMA NEGERI 4 HALMAHERA SELATAN PADA MATA PELAJARAN STRUKTUR ATOM

Safira Farid, Nur Asbirayani Limatahu, Sudir Umar, Muliadi Muliadi

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Halmahera Selatan pada materi struktur atom. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-eksperimen One group pretest-postest. Sampel dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X IPA-1 SMA Negeri 4 Halmahera Selatan yang berjumlah 20 siswa. Dengan teknik pengambilan sampel yaitu secara Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupan soal essaysebanyak 11 item. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pengujian statistik SPSS 21.0. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Halmahera Selatan pada materi struktur atom terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Halmahera Selatan sesuai dengan hasil uji statistik thitung > ttabel  atau 7,876 > 1,729 dengan besar peningkatan 43,6 %.

 

Kata Kunci:  Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Sturktur Atom, Uji Statistik SPSS 21.0


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asni, dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Materi Pokok Hidrokarbon Pada Kelas XI PMIPA SMAN 1 Woha Tahun Ajaran 2019/2020 . Chemistry Education Practice, 3 (1), 2020 - 18 ISSN 2656-3940, hal 18-22.

Fitrianingsih, R. dkk (2015). Efektivitas Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran Pembuatan Strapless SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 JAMBU. Fashion and Fashion Education Journal ISSN 2252-6803 hal1-6 2015, 1-6.

Kusuma, A. W, dkk (2017). Media Modul Gizi Braille Terhadap Pengetahuan, Sikap, Dan Praktik Makan Pagi Pada Anak Tunanetra 2 (1) (2017) SSN 2527-4252. Jurnal of Health Education , 20-24.

Rahayu, a. P. dkk. (2014). Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode Eksperimen dan Guided Inquiry ditinjau Dari Kemampuan Matematis dan Kreativitas Siswa Jurnal Inkuiri ISSN: 2252-7893, Vol 3, no. I, 2014 (hal 96-107), 96-107.

Syahri. dkk (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi Komputer Materi Atom, Ion, dan Molekul Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya Vol. 7, No. 1, November 2017 ISSN: 2089-1776, 1370-1377.

Yanna dkk. (2018). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, Vol. 7, No.2 Edisi Agustus 2018, 264-276, 264-276.




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v5i2.3643

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â