PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 5 HALMAHERA TENGAH

Nurdia Hayun, Sumarni Sahjat, Astuti Salim

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Halmahera Tengah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat eksperimen dengan desain expost facto. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 31 siswa yang berada pada satu kelas. Pengumpulan data untuk variabel X adalah dengan menyebarkan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap pola asuh orang tua secara primisif, otoriter dan demokratis, sedangkan untuk variabel Y menggunakan nilai raport. Data hasil penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan uji regresi sederhana namun sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas data. Setelah data dianalisis dengan menggunakan uji regresi sederhana diperoleh . Pengujian keberartian persamaan regresi diperoleh  dan , untuk kelinieran persamaan regresi diperoleh   dan , koefisien korelasi diperoleh nilai  dengan koefisien diterminan , sedangkan untuk menguji keberartian korelasi diperoleh  dan . Ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas  X SMA Negeri 5 Halmahera Tengah.

 

Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua dan Prestasi Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adem S.2013. Kontribusi Prestasi Belajar Pengolahan Hasil Ternak Ruminansial Terhadap Kesiapan Berwirausaha. Jurnal Universitas pendidikan Indonesia.Vol (3) 26

Arikunto, S.2005. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta Andreas Halim, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Penerbit Sultan Jaya

Bloom T.2006. Taxonomy of Education objektives. Handbook 1. Cognitive domain. PT Mkey New York

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta. PT Rineka Cipta

Efendi F. 2014. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Dalam Belajar Siswa. Semarang

Fitria Yuniartiningtyas (2012). Hubungan Antara Pola Asuh Orang TuadanTipe 7. Kepribadian Dengan Perilaku Bullying di Sekolah Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan. Malang. Vol (5)

Hisbulah 2013.Dasar- Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Hanafiah dan Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung. PT Refika Aditama.

Nur Dian Oktafiany. Dkk. 2013. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional Siswa, Jurnal Pola asuh. Jakarta. Vol (6) 155

Sugiyono,2010. Metodologi Penelitian, PT Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v5i2.3644

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â