ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG

Yulianti Daiyan, Karman La Nani, Asmar Bani

Sari


Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa kelas IX-A SMP Negeri 1 Kota Ternate dalam menyelesaikan soal pada materi bangun ruang. Pengumpulan data kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen  tes yang digunakan adalah 3 butir soal tentang kemampuan koneksi matematis pada materi bangun ruang yang telah divalidasi. Data kemampuan koneksi matematis siswa dianalisis secara kualitatif dengan cara mereduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-A SMP Negeri 1 Kota Ternate sebanyak 32 siswa, kemudian dipilih 4 siswa sebagai perwakilan subjek berdasarkan kategori kemampuan koneksi matematis (Sangat tinggi, tinggi, sedang,dan  rendah) untuk diwawancarai sebagai bentuk triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa kelas IX-A SMP Negeri 1 Kota Ternate dalam mempelajari materi bangun ruang dengan rata-rata sebesar 74.46 dalam kategori tinggi. Kualifikasi kemampuan koneksi matematis dalam kategori sangat tinggi  dicapai 13 siswa (40,63%) yang mampu:mengoneksikan antar topik matematika, koneksi antar topik matematika dengan pelajaran lain, dan koneksi antar topik matematika dengan kehidupan sehari-hari, sehubungan dengan penyelesaian masalah bangun ruang. Selanjutnya, 15 siswa (46,87%) dalam kategori tinggi mampu: mengoneksikan antar topik matematika, koneksi antar topik matematika dengan pelajaran lain, dan koneksi antar topik matematika dengan kehidupan sehari-hari secara benar tetapi belum lengkap, terhadap penyelesaian masalah bangun  ruang. Sebanyak 2 siswa (6,25%) dalam kategori sedang mampu: mengoneksikan antar topik matematika, namun kurang lengkap, serta mampu,mengoneksikan koneksi antar topik matematika dengan pelajaran lain, dan koneksi antar topik matematika dengan kehidupan sehari-hari namun salah terhadap penyelesaian masalah bangun ruang. Terdapat 2 siswa (6,25%) dengan kategori rendah dapat menyajikan koneksi antar topik matematika secara tidak lengkap.

 

Kata kunci: Koneksi Matematis, Kemampuan Koneksi Matematis, dan Bangun Ruang


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Basrowi & Suwandi, (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauzi, K. M. A. (2013). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Metakognitif di Sekolah Menengah Pertama.Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA. Vol.6-No.1.

Hedriana, Heris dan Soemarmo.(2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika Di sekolah Kita. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 22.

Lappan, G. (2002). Getting to Know Connected Mathematics An Implementations Guede. New Jerssey.

Musarofah, Bariani. (2015). Hubungan antara Kemampuan Koneksi Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada siswa kelas V SD Negeri di Kramat Jati Jakarta Timur.Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Ramdhani R.M DKK.Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika ISBN: 978-602-6122-20-9 hal 403-414 November 2016 http://jurnal.fkip.uns.ac.id [Diakses pada 18 September 2020].

Rendya. (2012) Kemampuan Koneksi Matematis dan Metode Pembelajaran Quantum Teaching dengan Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Matematika. Part 2. Vol.1 No.1,2012.

Saputri, (2017) Pendampingan Anak Dalam Keluarga Di Tk Pertiwi Kebasen Kabupaten Banyumas. Skripsi UNY

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumarmo.(2013). Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya.Kumpulan Makalah. FMIPA UPI. Bandung. Diterbitkan.

Soedjadi, R (2000).Kiat Pendidikan Matematika Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Widarti, Arif. 2013. Kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari kemampuan matematis siswa. Skripsi: STIKIP PGRI Jombang.




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v5i2.3645

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â