PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS

Sriyanti Adam, Sumarni Sahjat, Astuti Salim

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining (SFAE) dengan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 3 Kota Ternate kelas XI IPA 2, pada materi fluida statis dengan menggunakan paradigma penelitian sederhana yaitu terdiri atas satu variabel independen dan satu variabel dependen. Data hasil belajar siswa melalui tes tertulis, diperoleh skor terendah 56 dan skor tertinggi 76 dengan rentang skor 20. Dari hasil analisis data yang diperoleh rata-rata skor sebesar 65,3 standar deviasi 4,85 dan varians 23,52. Dari hasil tersebut dibuat distribusi frekuensi data variabel hasil belajar siswa SMA Negeri 3 Kota Ternate ternyata Fhit > Ftab atau 66,43>4,26 pada taraf nyata 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian menunjukkan bahwa persamaan regresi tersebut berarti/signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining (SFAE) dengan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar siswa dalam ranah kognitif di SMA Negeri 3 Kota Ternate kelas XI IPA 2, pada materi fluida statis. Besarnya pengaruh adalah  dengan interpretasi menunjukkan hubungan yang sangat kuat.

                                                     

Kata Kunci : Model student facilitator and explaining, pendekatan kontekstual, hasil belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Zaenal, M. 2015. Kolaborasi Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Pendekatan Bermakna dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Himpunan Kelas VII di MTs Hasan Muchyi Tahun Ajaran 2014-2015. Skripsi Pendidikan Matematika Fkip UNP Kediri. Diakses 26 April 2019.

http://simki.unpkediri.ac.id/detail/10.1.01.05.0267

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Hasanudin., Stepanus, S.S., dan Hamdani. 2014. Penerapan Model Pembelajaran SFE untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Fisika Siswa di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika FKIP Untan Pontianak Vol 4, No 10

Idrus, H. 2014. Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Jurnal Logaritma Vol. II, No.01 [2]

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Belajar

Salim. A; Ningrum R.W; Muhammad, N; Cebba, M. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif tipe script terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate pada onsep geakâ€. Saintifik@ Jurnal Pendidikan MIPA Vol 4. No 1. Maret 2019, Hal 20-33.

Sugiyono. 2007. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v5i2.3648

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â