PENGETAHUAN MASYARAKAT KECAMATAN TIDORE UTARA TENTANG PEMANFAATAN JAMUR MAKROSKOPIS SEBAGAI POTENSI LOKAL DAERAH

Ririn Anwar, Arini Zahrotun Nasichah, Chumidah Roini

Sari


Pemahaman dan pengetahuan masyarakat asli di daerah tentang pemanfaatan jamur makroskopis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari telah berlangsung sejak lama. Tujuan dari penelitian adalah 1) mengetahui jenis jamur makroksopis yang dimanfaatkan oleh masyarakat Kecamatan Tidore Utara. 2) mengetahui pengetahuan masyarakat Kecamatan Tidore Utara dalam pemanfaatan jamur makroskopis. 3) menganalisis kelayakan poster yang disusun berbasis hasil riser pemanfaatan jamur makroskopis. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kulaitatif. Hasil penelitian ditemukan 7 jenis jamur makroskopis yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yaitu 1) Auricularia auricula-judae (Keho ngau), 2) Schzicophyllum commune (Keho dlole), 3) Favolus tenuicullus (Keho delo), 4) Panus neostrigosus (Keho dutu), 5) Lentinus sajor-caju (Keho tautu), 6) Polyporus sp. (Keho gosi), 7) Daldinia concentrica (Keho cokamgate). Tingkat pengetahuan masyarakat tentang manfaat jamur makroskopis memliki presentase (65%) pada kategori tingkat tinggi, menunjukkan masyrakat yang banyak mengetahui dan masih memanfaatkan jamur dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat pada umumnya memanfaatkan jamur makroskopis sebagai bahan pangan dan obat. Bentuk pemanfaatan yang sering digunakan yaitu sebagai pangan dan jamur yang paling sering di manfaatkan yaitu Schzicophyllum commune (Keho dlole), dan terdapat satu jenis sebagai obat yaitu Daldinia concentrica (Keho cokamgate)..

 

Kata Kunci : pengetahuan, pemanfaatan, jamur makroskopik, pangan, obat, Tidore


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afisuddin, dan Beni Ahmad Saebani. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.

Agnes Sri Harti, 2015, Mikrobiologi Kesehatan, Yogyakarta: CV Andi Offset.

Arso Tumijan, 2014. Jamur Grigit Obat Panas dan Kejang, http://tumijanarso.woodpress.co.id/2014/03/jamur-grigit-obat-panas- dan-kejang.html

Bisema, J.M,. 1968. DJamur : jang dapat dimakan, jang beracun dan Pengusahaan djamur Merang. PT Kinta. Jakarta.

Chew, K. S. 2008. Early Onset Muscarinic Manifestations After Wild Mushrooms Ingestion, Emergency. Malaysia: Medicine Departemen, School Of Medical Sciences, Universitas Sains Malaysia.

Gandjar, L.,W. Sjamsuridzal, dan A. Oetari. 2006. Mikologi Dasar dan Terapan. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.

Glic, Phyllis (1979). The Mushroom Trail Guide. 1st ed. New York, NY: Holt,Rinehart and Winston.

H Prajimo, Agus Andoko. 2007. Budi Daya Jamur. Jakarta : PT Agromedia Pustaka.

Ir Achmad, SP Mugiono, SP Tias Arlianti, SP Chotimatul Azmi.2011. Panduan Lengkap Jamur. Penebar Swadaya Group.

Khairini Rahma. 2018. Karateristik Jamur Makroskopis Di Perkebunan Kelapa Sawit Kecamatan Meureubo Aceh Barat Sebagai Materi Pendukung Pembelajaran Kingdom Fungi di SMA Negeri 1 Meureubo. Skripsi. Fakultas Tarbiya dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darusallam. Banda Aceh.

Khoiril, A.et al., 2014. Kajian Variasi Morfologi Basidiokarp dan Basidiospora lima Spesies Jamur Termitomyc yang ditemukan di desa Wonojati Kabupaten Pasuruan. FMIPA Universitas. Malang.

Kuo, M. 2017. Panus neostrigosus. Retrieved from the MushroomExpert.com Web site: http://www.mushroomexpert.com/panus_neostrigosus.html

Maryam, F.L. 2011. Schizophyllum commune Fr. Sebagai Jamur Uji Ketahanan Kayu Standar Nasional Indonesia pada Empat Jenis Kayu Rakyat: Sengon, Karet, Tusam, dan Mangium. Departemen Silvikultur, Fakultas Kehutanan. IPB.

McIntosh,P. 2009. Auricularia auricula, the wood Ear Mushrooms.

http://botit.botany.wisc.edu/toms_fungi/apr2004.html&ei.

Pacioni, G. dan G. Lincoff. 1981. Simon and Shhuster’s Guide to Mushrooms. Simon and Schuster, Inc. New York.

Priest,F.G.and I. Campbell.2003. Brewing Microbiology. 3rd edition. ISBN 0- 306-47288-0. Cluwer Academic. New York

Welly Darwis,. Dkk. 2011. Inventarisasi Jamur yang dapat dikonsumsi dan Beracun yang terdapat dihutan dan sekitar Desa Tanjung Kemuning Kaur Bengkulu. Jurnal Ilmiah. Vol.07, No.02




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v5i2.3649

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â