ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA POKOK BAHASAN DINAMIKA ROTASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KOTA TERNATE

La Yopi, Nurdin A Rahman, Rahim Achmad

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kota Ternate dalam pemecahan masalah fisika pada pokok bahasan dinamika rotasi, tahun ajaran 2020 semester genap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan instrumen tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik penilaian. Berdasarkan analisis data penelitian pemahaman konsep matematis, diperoleh bahwa siswa sebanyak 2 orang dari 30 siswa memperoleh nilai yang sangat tinggi, 2 orang dari 30 siswa memperoleh nilai yang baik, 13 orang dari 30 siswa memperoleh nilai yang cukup, 3 orang dari 30 siswa memperoleh nilai yang kurang, dan 10 orang dari 30 siswa memperoleh nilai dalam kriteria gagal.  Sedangkan analisis data per indikator diperoleh bahwa untuk indikator menggunakan simbol-simbol untuk merepresentasikan konsep sebesar 88,2% (sangat tinggi), menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis sebesar 32,9% (rendah), menafsirkan dan menyatakan ulang sebuah konsep sebesar 33,7% (rendah), menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu sebesar 52,6% (cukup), mengaplikasikan konsep algoritma pada pemecahan masalah sebesar 33,5% (rendah), dan menyimpulkan 53,3% (cukup).

 

Kata Kunci: Pemahaman konsep matematis, pemecahan masalah


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, N.H., Ani, R., Bambang. S., & Putut, M. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Model Polya Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal, vol (1), 1-8.

Efrilia, D. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Gerak Lurus Di Kelas VIII SMP Negeri Purwodadi Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika STKIP-PGRI Lubuklinggau, vol (1), 1-15.

Hidayat, T. & Sari, I.N. 2019. Korelasi Kemampuan Matematis dengan Hasil Belajar pada Materi Suhu di Kelas X SMA Negeri 1 Jawai Selatan. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya, vol (2), 36-39.

Islami, A. & Rusliah, N. 2019. Pengaruh Self Confidence Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami, vol (3), 187-193.

Isti’anah, F. 2018. Identifikasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA Negeri di Jember dalam Menyelesaikan Masalah Fisika pada Pokok Bahasan Dinamika Gerak.Skripsi, Universitas Jember.

Limatahu, I. 2014. Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berciri Problem Solving Melalui TOT pada Guru Preservis dan Pengaruh Implementasinya Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Siswa SMA Kelas X. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV.

Nurlaela, L., E. Ismayati, M. Samani, Suparji, & I.G.P.A. Buditjahjanto. 2017. Strategi Belajar Berpikir Kreatif (Rev. Ed.). Jakarta Utara: P.T. Mediaguru Digital Indonesia.

Salim, A. 2019. Peran Motivasi Belajar dan Kemampuan Numerik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Fisika Dasar I. Jurnal Pendidikan MIPA, vol (4), 69-76.

Sundary, P., Jatmiko, A., & Widyastuti, R. 2020. Metaphorical Thinking Berbantu Google Classroom: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, vol (1), 37-47.

Trianggono, M.M. 2017. Analisis Kualitas Pemahaman Konsep dengan Kemampuan Berpikir Kreatf Siswa pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan, vol (3), 1-12.

Rahayu, A.Y., Syuhendri, S., & Sriyanti, I. 2019. Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya pada Materi Gravitasi Newton dengan Menggunakan NGCI dan CRI Termodifikasi. Jurnal Eksakta Pendidikan, vol (3), 65-74

Zulkarnain, I. & Djamilah, S. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol (3), 105-117




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v6i1.3650

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â