ANALISIS KESULITAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR DI SMA NEGERI 4 KOTA TERNATE

Sitinurdelisa M Jen, Nurma Angkotasan, Hery Suharna

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan berpikir reflektif matematis siswa dalam menyelesaikan soal program linear. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatf deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, triangulasi data, penarikan simpulan atau verifikasi. Subjek peneitian ini adalah 7 siswa, kemudian diambil 4 siswa sebagai perwakilan subjek masing-masing terdiri dari 2 siswa perempuan yaitu SP-4 dan SP-7 dan 2 siswa laki-laki yaitu SL-5 dan SL-3. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) subjek SL-5 dalam menyelesaikan soal mengalami kesulitan berpikir reflektif yakni kesulitan menghubungkan pengetahuan baru dengan pemahaman terdahulu untuk menyelesaikan soal dengan membuat model matematika berdasarkan grafik, subjek sulit menentukan nilai optimum dengan benar dan subjek mengalami kesulitan dalam mengecek jawaban dan menjelaskan kesimpulan dari jawaban yang diperoleh, 2) subjek SP-4 dalam menyelesaikan soal mengalami kesulitan berpikir reflektif dimana subjek tidak dapat membuat model matematika berdasarkan grafik, subjek tidak dapat menentukan nilai optimum serta tidak dapat mengecek jawaban yang diperoleh dan juga tidak dapat menjelaskan kesimpulan dari jawaban, 3) subjek SL-3 dalam menyelesaikan soal mengalami kesulitan berpikir reflektif yakni kesulitan dalam membuat model matematik berdasarkan grafik, sulit untuk menentukan nilai optimum dengan benar juga sulit untuk mengecek jawaban yang diperoleh serta menjelaskan kesimpulan dan 4) subjek SP-7 dalam menyelesaikan soal mengalami kesulitan berpikir reflektif dimana subjek tidak dapat membuat model matematika berdasarkan grafik, subjek tidak dapat menentukan nilai optimum dan tidak dapat mengecek jawaban yang diperoleh serta tidak dapat menjelaskan kesimpulan dari jawaban.

 

Kata kunci: Berpikir Reflektif, kesulitan berpikir reflektif, gender


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Angkotasan N. 2018. Keefektifan model problem-based learning ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMA Negeri 5 Kota Ternate. Saintifik@ Jurnal ilmiah MIPA. Vol 3 No 1. Hal: 28-35.

Arikunto S. 2012. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta.

Badjiser N. L. 2020. Kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMA Negeri 4 Kota Ternate. Skirpsi. Universitas Khairun. Ternate.

Dalyono. 2010. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta.

Erman Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Universitas Pendidikan Bandung: Bandung.

Fauziah. U. 2017. Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada siswa SMA Datuk Ribandang Makasar. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Isalam Negeri Alauddin Makasar.

Hasbullah. 2013. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Rajawali Pres: Jakarta.

Mentari N. dkk. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal matematika dan pendidikan matematika. Vol 2 No 1. Hal 31-42.

Mulyono Abdurrahman. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Nisa Khoirun. 2011. Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II Pokok Bahasan Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran MTS Negeri Boang Tahun pelajaran 2010/2011. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

Safitri A E. 2019. Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Gender dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMP Negeri 1 Sambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sanhadi dkk. 2016. Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Materi Program Linear Ditinjau dari Kemampuan Memahami Bacaan Siswa SMA MTA Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Hal: 99-110.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Suharna Hery. 2018. Teori Berpikir reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika. Deepublish: Yogyakarta.

Syamsuddin Abin. 2007. Psikologi Pendidikan. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Tias dkk. 2015. Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas XII IPA di Kota Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol 2 No 1. Hal: 28- 39.

Trizulfianto dkk. 2017. Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Program Linear Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. UNION. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 5 No 2. Hal: 195-208.




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v6i1.3651

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â