PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SMA NEGERI 17 HALMAHERA SELATAN

Novitasari Ayub, Nur Asbirayani Limatahu, St Hayatun Nur Abu

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur kelas X SMA Negeri 17 Halamahera Selatan dan besar pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur kelas X SMA Negeri 17 Halamahera Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah kelas X IPA sebanyak 20 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal essay sebanyak 10 item yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan SPSS 21. Hasil uji hipotesis yang diperoleh dari uji Paired Sample T Test dalam penelitian ini adalah thitung > ttabel atau 6,828 > 1,729, maka terdapat pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa dengan nilai gain sebesar 0,34 dengan kategori sedang.

 

Kata Kunci: Problem Solving, Hasil Belajar, Sistem Periodik Unsur, SPSS 21.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gunawan, A. 2016. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 59 kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar. 9 (2) : 216-225.

Kariadinata, R dan abdurahman, M. 2012. Dasar-Dasar Statistik Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia

Marliani N, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Science, Tehcnologi, Society, Environment (STSE) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di MAS Jeumala ‘Amal. Jurnal EduBio Tropika, Vol. 5 No. 1.

Oktaviani, M.A, dan Hari N.B. 2014. Perbandingan Tingkat Konsisten Normalitas Distribusi metode kolmogrov-Sminro,Lilliefors Shapiro Wilk, dan Skewness-Kurtosis. Jurnal Biometrika dan kependudukan. 3(2): 127-135

Sugiyono. 2016. Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: penerbit alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v6i1.3655

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â