ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU IPA SMP KOTA TERNATE DALAM PEMBELAJARAN LITERASI SAINS

La Eki La Nade, Nasrun Balulu, Masrifah Masrifah

Sari


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru IPA SMP Kota Ternate dalam pembelajaran literasi sains. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah 3 orang guru IPA yang berasal dari SMPN 2, SMPN 6, dan SMPN 7 Kota Ternate. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru IPA SMP Kota Ternate menunjukkan kecenderungan ke arah sangat baik. Sedangkan kompetensi profesional guru IPA SMP Kota Ternate menunjukkan kecenderungan ke arah baik. Kompetensi profesional guru dalam penguasaan literasi sains guru IPA dengan skor untuk subjek G01 sebesar 60% dengan kategori baik, dan subjek G02 sebesar 60% dengan kategori baik, sedangkan untuk subjek G03 sebesar 30% dengan kategori kurang baik.

 

Kunci: kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, literasi sains.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. Sukses Uji Kompetensi Guru. Surabaya: Kata Pena, 2015.

Lincoln and Guba. (1985). Naturalistic Inquiry. Beverly Hills: Sage Publication

Nasrun Balulu. 2017. Model Pembelajaran Fisika Berbasis Penulisan Laporan Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Di SMA. Universitas Negeri Surabaya Program Pascasarjana. Program Studi Pendidikan Sains. Naskah Tidak di Terbitkan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: BSNP.

Sarimaya, Farida. Sertifikasi Guru; Apa, Mengapa dan Bagaimana. Bandung: Yrama Widya, 2008

Sopiatin, Popi. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia, 2010. Sudjana, Nana. 2010. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Uzer Usman, Moh. 2011, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Rosda Karya.

Zuriyani, E. (2011). Literasi Sains dan Pendidikan. [Online].Tersedia i:http://sumsel.kemenag.go.id/file/file/TULISAN/wagj1343099486.pdf [Diakses 13 Juni 2020]




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v6i1.3656

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â