PENGARUH KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 KOTA TIDORE KEPULAUAN PADA KONSEP MOMENTUM DAN IMPULS

Khairudin Sillia, Nurdin A Rahman, Astuti Salim, Sumarni Sahjat

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan numerik terhadap hasil belajar fisika dan besar pengaruh kemampuan numerik terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep momentum dan impuls. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan jenis ex post facto dan instrumen yang digunakan adalah soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan essay. Adapun teknik pengumpulan data berupa Tes soal yakni bentuk essay yang berjumlah 15 item dengan skor total 130 dan soal pilihan ganda dengan pilihan benar 1 dan salah 0 serta teknik analisis data menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan numerik terhadap hasil belajar fisika siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan perolehan data yang dianalisis menggunakan uji regresi sederhana dan di peroleh Y= 2,84 + 3,19 X, pengujian keberartian persamaan regresi diperoleh Fhit > Ftab;  Fhit =20,16 dan Ftab = 4,20, untuk kelinieran persamaan regresi diperoleh Fhit < Ftab, Fhit = 2,25 dan Ftab = 2,64 koefisien korelasi diperoleh nilai r = 0,64 sedangkan untuk menguji keberartian korelasi diperoleh thit = 4,40 dan ttab = 2,05.

 

Kata kunci: kemampuan numerik, hasil belajar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afriza, S. 2016. Pengaruh Kemampuan Numerik Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. Vol. 1 No.4 Oktober 2016, Hal.161-163

Hatika, R. G. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Fisika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantu Animasi Komputer. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol.12, No.2, juli 2016. Hal 113-117

Kadir A. 2015. Menyusun Dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember 2015

Purwanti M. 2014. Analisis Butir Soal Ujian Akhir Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Menggunakan Microsoft Office Excel 2010. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XII, No. 1, Tahun 2014

Rufaidah A. 2015. Pengaruh Intelegensi Dan Minat Siswa Terhadap Putusan Pemilihan Jurusan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. II No. 2 Juli 2015

Salim A. 2016. Hubungan Antara Operasi Berpikir Formal Menurut Piaget, Kemampuan Berpikir Verbal, Mekanis, Numerik,Dan Tanggapan Siswa Terhadap Pelaksanaan Problem Solving Fisika Dengan Pemahaman Konsep Fluida Statis. Seminar Nasional Taman Siswa. Prosiding

Safrida L. N, Susanto & Kurniati D. 2015. Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Pemecahan Masalah Terbuka Berbasis Polya Sub Pokok Bahasan Tabung Kelas IX SMP Negeri 7 Jember. ©Kadikma, Vol. 6, No. 1, hal 25-38, April 2015

Saregar, A. 2016. Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum Dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak Pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi 05 (1) (2016) 53-60

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung, Alfabet

Sugiyono. 2016. Statistik Untuk Penelitian. Bandung, Alfabet

Tandilling, E 2012. Pengembangan Instrumen Untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematik, Pemahaman Matematik, Dan selfregulated Learning siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 13 No. 1, April 2012




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v6i2.3659

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â