PENGARUH KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 KOTA TIDORE KEPULAUAN PADA KONSEP MOMENTUM DAN IMPULS
Sari
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan numerik terhadap hasil belajar fisika dan besar pengaruh kemampuan numerik terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep momentum dan impuls. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan jenis ex post facto dan instrumen yang digunakan adalah soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan essay. Adapun teknik pengumpulan data berupa Tes soal yakni bentuk essay yang berjumlah 15 item dengan skor total 130 dan soal pilihan ganda dengan pilihan benar 1 dan salah 0 serta teknik analisis data menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan numerik terhadap hasil belajar fisika siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan perolehan data yang dianalisis menggunakan uji regresi sederhana dan di peroleh Y= 2,84 + 3,19 X, pengujian keberartian persamaan regresi diperoleh Fhit > Ftab;Â Fhit =20,16 dan Ftab = 4,20, untuk kelinieran persamaan regresi diperoleh Fhit < Ftab, Fhit = 2,25 dan Ftab = 2,64 koefisien korelasi diperoleh nilai r = 0,64 sedangkan untuk menguji keberartian korelasi diperoleh thit = 4,40 dan ttab = 2,05.
Â
Kata kunci: kemampuan numerik, hasil belajar.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afriza, S. 2016. Pengaruh Kemampuan Numerik Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. Vol. 1 No.4 Oktober 2016, Hal.161-163
Hatika, R. G. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Fisika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantu Animasi Komputer. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol.12, No.2, juli 2016. Hal 113-117
Kadir A. 2015. Menyusun Dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember 2015
Purwanti M. 2014. Analisis Butir Soal Ujian Akhir Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Menggunakan Microsoft Office Excel 2010. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XII, No. 1, Tahun 2014
Rufaidah A. 2015. Pengaruh Intelegensi Dan Minat Siswa Terhadap Putusan Pemilihan Jurusan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. II No. 2 Juli 2015
Salim A. 2016. Hubungan Antara Operasi Berpikir Formal Menurut Piaget, Kemampuan Berpikir Verbal, Mekanis, Numerik,Dan Tanggapan Siswa Terhadap Pelaksanaan Problem Solving Fisika Dengan Pemahaman Konsep Fluida Statis. Seminar Nasional Taman Siswa. Prosiding
Safrida L. N, Susanto & Kurniati D. 2015. Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Pemecahan Masalah Terbuka Berbasis Polya Sub Pokok Bahasan Tabung Kelas IX SMP Negeri 7 Jember. ©Kadikma, Vol. 6, No. 1, hal 25-38, April 2015
Saregar, A. 2016. Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum Dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak Pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi 05 (1) (2016) 53-60
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung, Alfabet
Sugiyono. 2016. Statistik Untuk Penelitian. Bandung, Alfabet
Tandilling, E 2012. Pengembangan Instrumen Untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematik, Pemahaman Matematik, Dan selfregulated Learning siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 13 No. 1, April 2012
DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v6i2.3659
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editorial Office:
Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun
Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
INDEXED ON