PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI BERBANTUAN MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 KOTA TIDORE KEPULAUAN PADA KONSEP GERAK LURUS

Khusnul Khotimah, Nurlaela Muhammad, Rahim Achmad, Sumarni Sahjat

Sari


Penelitian ini berupa penelitian eksperimen, yang bertujuan bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Media Animasi Berbantuan Model Direct Instruction (DI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Kota Tidore Kepulauan Pada Konsep Gerak Lurus. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Tidore Kepulauan yang berjumlah 63 siswa sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIPA1 dengan jumlah siswa 32 orang. Teknik pengambilan sampel diambil dengan cara simple random sampling (pengambilan sampel secara acak). Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas (X) Media Animasi dan variabel terikat (Y) hasil belajar siswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan teknik tes dan non tes. Kemudian teknik analisis data menggunakan statistik uji-t. Hasil analisis data menggunakan uji-t dan diperoleh = 6,229 dan = 2,04227 dengan dk= 30 dan taraf sifnifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis ternyata    atau 6,229 > 2,04227 sehingga  diterima dan  ditolak. Dengan demikian berarti terdapat pengaruh penggunaan media animasi berbantuan model Direct Instruction (DI) terhadap hasil belajar siswa dengan koefisien korelasi antara penggunaan media animasi dan hasil belajar siswa diperoleh sebesar 0,751 atau 56,4% tergolong pada katergori kuat.

 

Kata kunci: Penggunaan Media Animasi dan Hasil Belajar Siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dimyati, J. 2016. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Rismayanti, A. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Lurus Kelas X di Mas Babun Najah Banda Aceh. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Sardiman, A.M. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raya Grafindo Persada.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v6i2.3661

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â