ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HIGHER ORDER THINGKING SKILLS [HOTS] BERDASARKAN KRITERIA WATSON

Eka Mifta Hussaleha, Ariyanti Jalal, Marwia Tamrin Bakar

Sari


Penelitian Kualitatif- Deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Higher Order Thingking Skills teknik penggumpulan data yang digunaka dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Instrument tes yang diguankan adalah soal ueaiyanyang berjumbal dua butir soal yang telah divalidasi. Data yang  di kumpukan dianalisis secara kualitatif dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA  1 SMA Negeri 4 Kota Ternate sebanyak 17 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa tinggkat kesalahan berupa data  tidak tepat (innappropriate data) sebanyak 3 atau 9,09% , prodesur tidak tepat (inappropriate procedure) sebanyak 2 atau 6,06%, data hilang (ommited data)  sebanyak 5 atau 12,12%  dan Konflik level respon (response level conflict) tidak ada atau 0%, kesimpulan hilang (omitted conclusion) sebanyak 9 atau 27,27%, manipulasi tidak langsung (undirected manipulation) sebanyak 5 atau 15,15%, masalah hirarki keterampilan (skills hierarchy problem) sebanyak 10 atau 30,30% serta Selain ketujuh kategori (above other) dan Konflik level respon (response level conflict) tidak ada atau 0%


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asakin., Muhammad.2002. Lembaran Ilmu Kependidikan Universitas Negeri Semarang . Semarang : Universitas Negeri Semarang

Laman, G. E .2019. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Higher Order Thinking Skills (Hots) Berdasarkan Kriteria Hadar Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas Xii Sman 5 Makassar. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Univeritas `Negeri Makassar.

Sriatun, dkk. 2019.Seri kumpulan soal dan pembahasan matematika dilengkapi dengan soal HOTS. Sleman : deepblish.

Suryawati, T dan Hasriani, N .2019. Deskripsi pengetahuan dasar matematika siswa kelas X SMA Negeri SE-KABUPATEN KONAWE. Universitas Lakidende Prosiding online ISBN (978-602-5835-13-1)

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif , Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta

Tim Study Center. 2019. Sukses UN-USBN SMA/MA IPA 2019. Jakarta : PT Bintang Wahyu




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v6i2.3888

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â