DESAIN DAN UJI COBA E-MODUL KIMIA BERBASIS FLIP PDF CORPORATE PADA MATERI TITRASI ASAM BASA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH NEGERI 1 HALMAHERA TENGAH
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas E-modul   kimia berbasis flip pdf Corporate  pada materi titrasi asam basa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau R & D dengan menggunakan model Borg And Gall yang terdiri dari 10 tahap, namun penelititan ini terbatas sampai pada tahap 5. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, guru kimia dan siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Negeri 1 Halmahera Tengah. Objek penelitian ini adalah E-modul   kimia berbasis flip pdf Corporate  pada materi titrasi asam basa. Teknik pengumpulan data dari angket uji validitas, uji praktikalitas, uji respon siswa, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan produk berupa aplikasi E-modul   kimia yang layak untuk digunakan. Hasil penelititan menunjukan tingkat validitas E-modul   oleh ahli media sebesar 80% (valid), tingkat validitas ahli materi sebesar 81% (sangat valid), tingkat praktikalitas oleh 3 orang guru kimia masing-masing 73,8% (praktis), 81,5% (sangat praktis), 86,6% (sangat praktis), dan respon siswa sebesar 100% (sangat praktis). Dari hasil tersebut mengidentifikasi menunjukan bahwa E-modul   kimia berbasis flip pdf Corporate  pada materi titrasi asam basa layak dan sangat praktis sebagai sumber belajar di sekolah.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Dwiningsih, K., Sukarmin, Nf., Muchlis, Nf., & Rahma, P. T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Media Laboratorium Virtual Berdasarkan Paradigma Pembelajaran Di Era Global. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 156.
Dewi, A. P., Sarwanto, & Prayitno, B. A. (2014). Pengembangan Modul IPA Terpadu Untuk SMP / Mts Berbasis Eksperimen Pada Tema Fotosintesis Untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inkuiri, 3(III), 30–40.
Esmiyati., Haryani, S., & Purwantoyo, E. (2013). Pengembangan Modul IPA Terpadu Bervisi SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Pada Tema Ekosistem. Unnes Science Education Journal, 2(1), 180–187.
Fausih, Moh., & Danang, T. (2015). Pengembangan Media e-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan LAN (Local Area Network) untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan Unesa, 01 (01), 1-9.
Mudasir. (2016). Pembelajaran Berbasis Multimedia. Pekanbaru: Kreasi Edukasi.
Nugroho, K. M. (2015). Untuk Kelas XI SMA / MA Semester II.
Oksa Silvia, S. S. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Proyek Untuk Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Kejuruan. 4(1), 99–111.
Ridwan. 2018. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung. Alfabeta
Setiawan, D. C., & Setiawan, D. (2020). Development of JINEMAM Learning Model. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(4).
Setiawan, D. C., & Setiawan, D. (2020). Pemberdayaan metakognitif mahasiswa melalui model pembelajaran jinemam. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 5(01), 11-17.
Suastika, K. amalya rahmawaty. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual. 2009, 58–61.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Solihudin, T. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik. 3(2), 51–61.
Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v7i1.4993
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editorial Office:
Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun
Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
INDEXED ON