PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD INPRES 26 KABUPATEN SORONG
Sari
Penelitian ini dilakukan Untuk mengetahui kemampuan awal dan akhir siswa serta nilai akhir siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan metode role playing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tipe experiment dengan Metode penelitian kuantitatif yang salah satu spesifikasinya adalah sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas awal hingga pembuatan desain penelitiannya. Pengujian yang dilakukan adalah uji parameter (uji korelasi) dengan menggunakan uji t-statistik. Hal ini membuktikan apakah terdapat pengaruh antara masing-masing variabel independen (X) dan variabel dependen (Y). hasil penelitian ini adalah Terdapat pengaruh antara metode Role Playing  terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan nilai signifikansi X adalah 0,219 > 0,05 dan untuk Y adalah 47,505 > 0,05. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain hipotesis yang menyatakan pengaruh metode Role Playing terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IV SD Inpres 26 Kabupaten Sorong diterima.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Noor Juliansyah, 2011, Metodologi Penelitian, Prenada Media Group, Jakarta
Ramadhani. 2011. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Tegal: Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujono. 2012. Pengajaran Matematika untuk Sekolah Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v7i1.4994
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editorial Office:
Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun
Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
INDEXED ON