ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN CENGE-CENGE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Sri R Naser, Fitriana Eka Chandra, Soleman Saidi

Sari


Etnomatematika merupakan strategi pembelajaran dengan mengaitkan unsur budaya dalam pelajaran matematika. Pembelajaran berbasis etnomatematika ini sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai karakter sekaligus memupuk rasa cinta anak terhadap budaya lokal yang selama ini sudah mulai ditinggalkan karena kemajuan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur-unsur etnomatematika yang terkandung didalam permainan cenge-cenge kemudian dijadikan sebagai media pembelajaran matematika dalam bentuk LKS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian etnografi dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu petak permainan cenge-cenge, gaco pemain, aturan bermain, dan pemain cenge-cenge. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data triangulasi yang terdiri dari reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya unsur-unsur etnomatematika pada permainan cenge-cenge berupa geometri, konsep hubungan antar sudut, konsep logika matematika, dan konsep peluang.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aprilia, e. d., trapsilasiwi, d., & setiawan, t. b. (2019). etnomatematika pada permainan tradisional engklek beserta alatnya sebagai bahan ajar. kadikma, 85-94.

Ascher,M.(1991).Ethnomathematics: A multicultural view of mathematical ideas. New York: Chapman and Hall.

Ayu Wandari, Kamid Kamid, Maison Maison. ―Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Materi Geometri Berbasis Budaya Jambi Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa.‖ Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika1No.2(2018):47

Brandt, A., &Chernoff,E. J. (2015). The importanceof ethnomathematics in math class.Ohio journal of school Mathematics,71, 31-36.

Febriyanti, R. Prasetya, dan A. Irawan. 2018. Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek dan Gasing Khas Kebudayaan Sunda. Barekeng, vol. 12, no.1, pp. 1-6.

Fauzi, A., & Lu'luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Mataram: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika .

Kurumeh. (2004). Pengaruh Pendekatan Pengajaran Ethnomathematics Pada Prestasi Siswa dan Minat dalam Geometri dan Pengukuran. Tesis Ph.D yang tidak dipublikasikan. Universitas Nigeria, Nsukka.

Maricar, f., & tawari, r. s. (2018). universitas khairun. nilai dan ekstitensi permainan tradisional di ternate.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pompeu, G. (1994). Newsletter of the international Study Group on Ethnomathematics,9(2),3.

Presmeg , N. C. (1996).Ethnomathematics and academic mathematic: The didactic interface. Paper presented in Working Group 21, The Teaching of Mathematics in Different Cultures, Eighth International Congress on Mathematical Education, Seville, Spain.

Prihastari, E. B. 2015. Pemanfaatan Etnomatematik Melalui Permainan Engklek Sebagai Sumber Belajar :Universitas Slamet Riyadi

Putri, L. I., 2017. Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang Mi. Semarang: Unwahas Semarang.

Rachmawati, I. 2012. Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Jurnal. Surabaya: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan UNESA.

Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: The cultural aspects of mathematics: The cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatematicia

Sari, D.E. (2020). Pengaruh Antara Penerapan Etnomatematika Engklek Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Pada Madrasah Tsanawiyah Swasta Darul Ulum Durian Luncuk jambi: Program Studi Tadris Matematika.

Hirley, L. (1995). using Etnomatematics to find Multicultural Mathematical Connection. NCTM. h.44

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. Media Pembelajaran Matematika. Cet.1. Bandung: Insan Cendekia, 2013.

Sylviyani Hardiarti. Pascasarjana Pendidikan Matematika, Dan Universitas Negeri Yogyakarta.‖ AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 8 No. 2 (2017): 99–100.

Tim Cahaya Eduka. 2016. SKM (sukses Kuasai Materi) Matematika SMP Kelas VII, VIII, IX. Gramedia.

Tandililing, Edy. 2013. Pengembangan pembelajaran matematika sekolah dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah. Untan

Uzakiyah, L. S. (2019). Analisis Tradisi Sekura Pada Masyarakat Lampung Pesisir Kabupaten Lampung Barat Dilihat Dari Perspektif Etnomatematika Sebagai Alternatif Sumber Belajar. Lampung: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung .

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v7i1.4995

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â