PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KONGNITIF SISWA PADA KONSEP FLUIDA STATIS

Astuti Salim, Sumarni Sahjat, Sri Rahayu Samula, Nasrun Balulu

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Halmahera Tengah, dan 2) mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Halmahera Tengah pada konsep Fluida Statis. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi prettes-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 9 Halmahera Tengah yang terdiri dari dua kelas. Pretest dilakukan pada dua kelas untuk mengetahui kemampuan dasar setiap kelas, agar dapat ditentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa 1) penggunaan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) sangat berpengaruh terhadap hasil belajar ranah kongnitif siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Halmahera Tengah, dan 2) penggunaan metode pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) berpengaruh positif terhadap hasil belajar ranah kongnitif  siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Halmahera Tengah pada konsep Fluida Statis


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar & Miftakhul. (2012)."Penerapan Pendekatan SETS (Science Environment Technology and Social) Pada Pembelajaran Fisika Pada Diklat Guru Mapel Fisika MA." dalam bentuk pdf) online tanggal 8

Asih & Fihrin (2015). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas Xi SMA Negeri 8 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 2(3), 20-23.

Muhammad. (2017). “Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Adversity Quotientâ€, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.10 No.1, Januari 2017. 42-57.

OECD. (2010). PISA 2009 Results: Learning Trends: Changes in Student Performance Since 2000.Volume V. Programme for International Student Assesment.




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v7i1.4996

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â