DESAIN DAN UJI COBA MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS KINEMASTER PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 TIDORE KEPULAUAN PADA MATERI ASAM BASA

Epinita Pardi, Muliadi Muliadi, Nurul Aulia Rahman

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mendesain video dengan bantuan aplikasi kinemaster sebagai media pembelajaran pada materi asam basa di SMA Negeri 10 Tidore Kepulauan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and development (R&D) dari ADDIE yang sampai pada tahap penelitian yaitu analisis, perancangan, pengembangan produk, penerapan produk dan evaluasi produk. Kelayakan produk divalidasi oleh ahli media, ahli materi, uji praktikalitas oleh guru dan uji respon siswa. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran kimia berbasis video dengan bantuan aplikasi kinemaster yang layak untuk digunakan berdasarkan penilaian dari (1) validator ahli media memperoleh nilai 83,5 % dengan kategori sangat valid, (2) validator ahli materi memperoleh nilai 72% dengan kategori valid, (3) uji praktikalitas guru memperoleh nilai 69% dengan kategori praktis, dan uji coba repon siswa memperoleh nilai 95% dengan kategori sangat praktis. Berarti bahwa media dapat diterima oleh siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agang, M. J., Tangi, H. C., & Komisia, F. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran Berbasis Integrasi Representasi Kimia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Education and Development, 9(4), 38–41.

Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 15(2), 156–178. https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.578

Asmawati, A., & Dalming, T. (2019). Pengembangan Media Animasi Flash Asam Basa dengan Metode Hannafin dan Peck. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 10 (2), 104 – 112.

https://doi.org/10.20527/quantum.v10i2.6907

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.

Dewi, L. J. E. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Reaksi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 6(2), 71–80. https://doi.org/10.23887/jptk.v6i2.170

Fatya, A. I., Nurdiniah, S. H., & Sholahuddin, A. (2021). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Flash untuk Pembelajaran Reaksi Asam Basa Di Kelas XI Sekolah Menengah Atas : Uji Coba di SMAN 4 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 67–74.

Ginting, S. M., & Hermansyah, A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual Dan Intelektual (SAVI) Berbantuan Media Komputer untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia Fisika II. Jurnal Exacta, 10(1), 98– 105.

Kawete, M., Gumolung, D., & Aloanis, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Ikatan Kimia dengan Model ADDIE sebagai Penunjang Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Chemistry Education, 4(1), 63–69. https://doi.org/10.37033/ojce.v4i1.374

Meryansumayeka, Yusuf, M., & Suganda, V. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis PMRI untuk Mendukung Mental Calculation Siswa dalam Permasalahan Aritmatika Sosial. Jurnal Elemen, 4(2), 119–130. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.634

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293

Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317– 327.

Rinaldi, A. A., Daryati, & Arthur, R. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 6(1), 1–7.




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v7i1.4998

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â