DESAIN DAN UJI COBA MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP MINYAK BUMI

Sulistiyawati Koronci, Zulkifli Zam Zam, Fitrian Ibrahim

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk desain video audio visual sebagai media pembelajaran pada materi minyak bumi di SMA Negeri 2 Halmahera Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and development (R&D) dari ADDIE yang sampai pada tahap penelitian yaitu analisis, perancangan, pengembangan produk, validasi dan evaluasi produk. Kelayakan produk divalidasi oleh ahli media, ahli materi, uji praktikalitas oleh guru dan siswa serta uji respon siswa. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran kimia berbasis video audio visual yang layak untuk digunakan berdasarkan penilaian dari (1) validator ahli media memperoleh nilai 85 % dengan kategori sangat valid, (2) validator ahli materi memperoleh nilai 85 % dengan kategori sangat valid, (3) uji praktikalitas guru memperoleh nilai 91,8 % dengan kategori sangat praktis, dan uji praktikalitas siswa memperoleh nilai 86,2 % dengan kategori sangat praktis serta uji coba repon siswa memperoleh nilai 100 % dengan kategori sangat praktis. Berarti bahwa media dapat diterima oleh siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asmara, A. P. (2015). Anjar Purba Asmara. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 15(2), 156–178.

Isnaini, W. S. Haris satrijono, Y. F. N. (2021). Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar Pengembangan Media Audio Visual Materi Makna. 8(1), 30–39.

Ketut Agustini, J. G. N. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. 4 (April 2020), 62–78

Maghfi, N. U. 2019. Penerapan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Kemampun Mengenal Huruf Anak Usia Dini Di PAUD Tsabita Kalianda Lampung Selatan. SKRIPSI Jurusan: Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Saka, G. R Muhammad. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Literasi Sains dengan Menggunakan Soflware Camtasia Studio. SKRIPSI Pendidikan Fisika. UIN Raden Intan Lampung.

Tania, Lisa. 2013. Pengembangan Bahan Ajar eModul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal. Jurnal Pendidikan Akuntansi.




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v7i1.5000

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â