PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 DARUBA KECAMATAN MOROTAI SELATAN
Sari
Penelitian ini bertolak dari adanya permasalahan tentang rendahnya hasil belajar siswa, yang salah satu penyebabnya adalah kurangnya penerapan metode maupun media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode quantum learning. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Daruba, Kabupaten Morotai yang terdiri dari tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Daruba, Kabupaten Morotai, yang terdiri dari  20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa soal Pilihan Ganda (PG) sebanyak  22 soal, dan lembar pengamatan untuk aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dengan menerapkan metode quantum learning, diperoleh hasil belajar siswa yang tuntas belajar hanya 30%, pada siklus II hanya 56,25%, dan pada siklus III terjadi peningkatan yaitu 70%. Persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 54,55%, pada Siklus II sebesar 59,09%, dan meningkat pada siklus III menjadi 65,91%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa metode quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar maupun aktivitas guru di kelas IV SD Negeri 1 Daruba.
Kata Kunci: Pembelajaran, Quantum Learning, Hasil Belajar, PTK, IPA SD
Teks Lengkap:
PDFReferensi
De Porter, Bobbi dan Mike Hernachi. terjemahan Alwiyah Abdurrahman. (2000). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa. Bandung
Kasbolah, Kasihani. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Depdikbud. Jakarta.
Hadi, Sutrisno. (1989). Metodologi Reseach. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta
Kemala, Rosa. (2006). Buku Paket Jelajah IPA Untuk Kelas 5 SD. Yudistira. Jakarta
Moleong, J Lexy. (1994). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya. Bandung
Sarjan, et all. (2004). Buku Paket Sains V Untuk Kelas 5 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. CV. Sahabat. Klaten
Sudjana, N. (1987). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. PT. Sinar Baru Algensindo. Bandung
Suhadjono. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumiaksara. Jakarta
Sumaji, et al. (1998). Pendidikan Sains yang Humanistik. Kanisius. Yogyakarta
Sunaryo, PVM. 2001. Penerapan Prinsip-prinsip Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) dalam Meningkatkan Keefektifan Proses Pembelajaran IPA SD di Kodya Tegal. Jurnal Pendidikan, Volume 2(1).
Saputro, Suprihatin, et al. (2000). Strategi Pembelajaran. Depdiknas Universitas Negeri Malang FIP Tim Pelatihan Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas.
Usman, Moh. Uzer. (2004). Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung
Wiriaatmadja, Rochiati. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung
DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v1i2.540
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editorial Office:
Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun
Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
INDEXED ON