ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA FISIKA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNIN
Sani S Sain, Mardia Hi Rahman, Rahim Achmad
Sari
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Ternate pada pokok bahasan getaran dan gelombang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan instrumen tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik penilaian. Berdasarkan data penelitian kemampuan literasi sains, diperoleh bahwa siswa sebanyak 10 orang dari 24 siswa memperoleh nilai yang sangat tinggi, 11 orang dari 24 siswa memperoleh nilai tinggi, dan 3 orang dari 24 siswa memperoleh nilai sedang. Sedangkan analisis data per aspek diperoleh bahwa untuk aspek kompetensi sebesar 68% (cukup), aspek konteks sebesar 80% (baik), dan aspek konten sebesar 70% (cukup).