PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA TERNATE PADA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Fifidjaskia Nazwar, Mardia Hi Rahman, Nurdin A. Rahman

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan literasi sains dan seberapa besar pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Ternate pada konsep getaran dan gelombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional untuk melihat pengaruh antara dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Ternate yang berjumlah 200 siswa dan sampel penelitian ini adalah kelas VIII-H dengan jumlah siswa 24 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan teknik tes berupa soal essay. Kemudian teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan literasi sains siswa. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana guna untuk melihat pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan literasi sains siswa diperoleh nilai sebesar Fhit > Ftab atau 4,96>4,30. Hal ini menunjukkan bahwa koefisien H0 ditolak. Sedangkan uji linearitas diperoleh Fhit < Ftab atau23,78<25,65. Hal ini menujukkan terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan literasi sains siswa. Sedangkan untuk melihat besar pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan literasi sains dengan menggunakan uji regresi linear sederhana yaitu memiliki kontribusi sebesar 13,67 atau 18.686 %.

Kata Kunci


berpikir kritis; literasi sains

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afrizon, R. Hidayati. Putri, N, W. 2020. Analisis Validasi Modul Fisika Bermuatan Literasi Saintifik pada Materi Gerak Lurus dan Gerak Parabola. Pillar of Physics Education. Vol 13(1) 2020

Asrizal. Lendri, A. 2019. Pengaruh Bahan Ajar Fisika Bermuatan Literasi Saintifik dan HOTs dalam Model Pembelajaran Penemuan Materi Fluida terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 10 Padang. Pillar of Physics Education. Vol 12(2) 2019

Doyan, A. Harjono, A. Handriani, S, L. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol 1. No.3 2015.

Gherardini, M. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 7(1) 2016.

Hamdani, D. Medriati, R. Harjilah, N. 2019. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika. Vol. 2 No. 2 Agustus (2019)

Handayanto, K, S. Parno. Pradana Sukma, D, S. 2017. Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Optik Geometri untuk Mahasiswa Fisika. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol 21(1) 2017.

Hidayati. Afrizon, R. Agustin S. 2019. Pengujian Validasi Bahan Ajar Fisika Bermuatan Listrik Saintifik pada Materi Dinamika Rotasi, Kesetimbangan Benda Tegar, Elastisitas dan Hukum Hooke. Pillar of Physics Education. Vol 12(4) 2019

Jauhari, A. Sinaga, P. Nurazizah, S. 2017. Profil kemampuan kognitif dan ketrampilan berpikir kritis siswa sma pada materi usaha dan energi

Radiyono, Y. Sukarmin. Asyifa, D, C. 2019. Penerapan Model Pembelajaran GI-GI ( Group investigation-guided inquiry) pada Materi Momentum dan Impuls untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF). Vol. 9(2) 2019.

Riduwan, M. B. A, Sunarto, H . 2015. Pengantar Staristika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung, Alfabeta

Subali, B. Rusilowati, A. Hidayah, H. Negoro, A, R. 2018. Upaya Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Peta Konsep untuk Mereduksi Miskonsepsi Fisika. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) Vol. 3 (1) 2018.

Sumiyati, K, U. Wulaningsih, D, R. Suryanda, A. Azrai, P, E. 2020. Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa SMA di Jakarta Timur. EDUSAINS,12(1), 2020, 89-97

Suswandi, I. Suastra W, I. Dewi Crisna, R, P. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Mipa SMA Negeri Tahun Pelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha. Vol 7(2) 2017

Wiyanto. Nugroho, E, S. Purwanto, E, C. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery pada Materi Pemantulan Cahaya untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. UNNES Physics Education Journal. Vol 1(1) 2012

Yuliati, Y. 2017. Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol 3(2) 2017.

Sugiyono. P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (cetakan ke 19). Bandung: CV Alfabeta

Sunardi, Paramita Retno P, Andreas B. Darmawan. (2017). Buku guru Fisika untuk SMA/MA kelas XI. (cetakan 1) Penerbit Yrama Widya




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v8i1.6218

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â