PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA TERNATE PADA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afrizon, R. Hidayati. Putri, N, W. 2020. Analisis Validasi Modul Fisika Bermuatan Literasi Saintifik pada Materi Gerak Lurus dan Gerak Parabola. Pillar of Physics Education. Vol 13(1) 2020
Asrizal. Lendri, A. 2019. Pengaruh Bahan Ajar Fisika Bermuatan Literasi Saintifik dan HOTs dalam Model Pembelajaran Penemuan Materi Fluida terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 10 Padang. Pillar of Physics Education. Vol 12(2) 2019
Doyan, A. Harjono, A. Handriani, S, L. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol 1. No.3 2015.
Gherardini, M. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 7(1) 2016.
Hamdani, D. Medriati, R. Harjilah, N. 2019. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika. Vol. 2 No. 2 Agustus (2019)
Handayanto, K, S. Parno. Pradana Sukma, D, S. 2017. Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Optik Geometri untuk Mahasiswa Fisika. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol 21(1) 2017.
Hidayati. Afrizon, R. Agustin S. 2019. Pengujian Validasi Bahan Ajar Fisika Bermuatan Listrik Saintifik pada Materi Dinamika Rotasi, Kesetimbangan Benda Tegar, Elastisitas dan Hukum Hooke. Pillar of Physics Education. Vol 12(4) 2019
Jauhari, A. Sinaga, P. Nurazizah, S. 2017. Profil kemampuan kognitif dan ketrampilan berpikir kritis siswa sma pada materi usaha dan energi
Radiyono, Y. Sukarmin. Asyifa, D, C. 2019. Penerapan Model Pembelajaran GI-GI ( Group investigation-guided inquiry) pada Materi Momentum dan Impuls untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF). Vol. 9(2) 2019.
Riduwan, M. B. A, Sunarto, H . 2015. Pengantar Staristika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung, Alfabeta
Subali, B. Rusilowati, A. Hidayah, H. Negoro, A, R. 2018. Upaya Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Peta Konsep untuk Mereduksi Miskonsepsi Fisika. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) Vol. 3 (1) 2018.
Sumiyati, K, U. Wulaningsih, D, R. Suryanda, A. Azrai, P, E. 2020. Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa SMA di Jakarta Timur. EDUSAINS,12(1), 2020, 89-97
Suswandi, I. Suastra W, I. Dewi Crisna, R, P. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Mipa SMA Negeri Tahun Pelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha. Vol 7(2) 2017
Wiyanto. Nugroho, E, S. Purwanto, E, C. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery pada Materi Pemantulan Cahaya untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. UNNES Physics Education Journal. Vol 1(1) 2012
Yuliati, Y. 2017. Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol 3(2) 2017.
Sugiyono. P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (cetakan ke 19). Bandung: CV Alfabeta
Sunardi, Paramita Retno P, Andreas B. Darmawan. (2017). Buku guru Fisika untuk SMA/MA kelas XI. (cetakan 1) Penerbit Yrama Widya
DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v8i1.6218
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editorial Office:
Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun
Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
INDEXED ON