ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE

Nurul Hatina Umasugi, Astuti Salim, Nurdin A. Rahman, Nasrun Balulu

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Ternate dalam menyelesaikan soal kalor dan perpindahannya. Pengumpulan data ini menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan triangulasi data. Instrument tes yang di gunakan adalah soal uraian yang terdiri dari 10 soal kemampuan berpikir kritis yang telah di validasi. Data yang di analisis secara kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Ternate sebanyak 5 siswa. Dari hasil kognitif secara keseluruhan yang mencakup 5 indikator kemampuan kritis dimana siswa mencapai kategori rendah  yaitu pada minggu ke 1 dan minggu ke 2, karena pada minggu ke 1 dan minggu ke 2 pemikirian siswa masih rendah dengan nilai rata-rata sebesar 40-20 sebanyak 5 siswa, Sedangkan pada minggu ke 3 hanya 1 siswa yang berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 40-60 berdasarkan kategori kemampuan berpikir kritis.

Kata Kunci


Berpikir Kritis; materi kalor; SMPN 5 Kota Ternate

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ennis, R.H. 2000 An Outline of Goals for a Critical Thinking Curriculum and its Assessment. Revised version of apresentation at the Sixth International Conference on Thinking at MIT, Cambridge, MA, July,1994. online at http://www.criticalthinking.net/goals.html(diakses 25-12-2018)

Fauziah, dkk. 2018 Master Bank Soal Bimbingan Pemantapan Fisika Ringkasan Materi Untuk SMU/MA Kelas X, XI dan XII. No 2

Fisher, Alec. 2011. Critical Thinking an Introduction Second Edition. United Kingdom: Cambridge University Press.

Kurnianto, A. 2019. Analisis Self-Efficacy Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Saintifik (Pada kualitatif Analisis pada siswa kelas VII-D MTs Negeri 2 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019). [Skripsi]. Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Lunnerburg Fred C. 2011. Critical Thinking and Constructivism Techniques for Improving Student Achievement. National Forum Of Teacher Education Journal. 21 (3):2 tersedia di http://www.criticalthinking.net/goals.html (diakses 24-12-2018)

Permana, 2017. Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik Dengan Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. Al-BIRUNI.

Pertiwi, W. 2018.Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMK pada Materi matrik. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol (2), 826-927.

Putri, S. A. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dibedakan Dari Tingkat Kecemasan. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Sunann Ampel, Surabaya.

Riduwan, (2011). Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v8i1.6222

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â