PENGEMBANGAN E-FORMATIVE ASSESSMENT PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN BALIKAN VIDEO TIK TOK

Safitri Soamole, Dewi Amiroh, Astuti Salim

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan e-formative assessment dengan balikan video tik tok pada materi suhu dan kalor, 2) mengetahui kelayakan e-formative assessment dengan balikan video tik tok pada materi suhu dan kalor. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau sering disebut Research and Development (R&D) dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Borg and Gall pada 10 langkah desain pengembangan yang disederhanakan menjadi 4 langkah penelitian yaitu (a) tahap pengumpulan data, (b) tahap perencanaan, (c) tahap pengembangan produk, (d) tahap uji coba. Uji coba produk terdiri atas validasi ahli materi , media, Bahasa dan 20 orang siswa kelas VII SMP Negeri 8 Halmahera barat. Pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar validasi ahli, dan angket respon siswa. Penelitian ini menghasilkan produk e-formative assessment dengan balikan video tik tok pada konsep gaya dan gerak. Hasil penelitian menunjukkan layak dengan hasil validasi ahli materi sebesar 88,64% dengan kategori sangat layak, validasi ahli media sebesar 93,18% dengan kategori sangat layak, dan validasi ahli bahasa sebesar 88,64% dengan kategori sangat layak. Guru serta siswa memberikan tanggapan yang sangat baik terkait produk e-formative assessment dengan balikan video tik tok pada materi suhu dan kalor.

Kata Kunci


assessment, e-formative, tik tok

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi II. Jakarta: Bumi Aksara.

Bell, B. & Cowie, B. 2002. Formative Assessment and Science Education. Hamilton: Kluwer Academic Publishers

Dewi Amiroh, Sentot Kusairi, dan Sugiyanto., (2020). Pengembangan Sistem Penilaian Formatif Berbantuan Web Electronic Assessment Tool untuk Mendukung Pembelajaran Fisika. Briliant:Jurnal Riset dan Konseptual, Vol.5, No.3, Agustus 2020.

Hamdan Husein Batubara. Penggunaan google Form sebagai alat penilaian kinerja dosen Di prodi PGMI uniska Muhammad Arsyad Al-Banjari. Jurnal pendidikan Dasar Islam,Vol.8, No.1, 2016

Sukmadinata, N.S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Sulami Sibua & Dewi Amiroh. 2021. Keunggulan Mobile Based Assessment dengan Google Form di Masa Pandemi oleh Mahasiswa PPG. Journal of Education and Instruction, Vol.4, No 2, Desember 2021.

Hanifah & Nurdinah., (2019) “Pengembangan Instrumen Penilaian High Order Thinking Skill (HOTS) Sekolah Dasar”.(Conference Series), 1(1).

Sanjaya Wina. (2013). Penelitian Pendidikan”. Jakarta: Kencana

Yunarni, Nova Estu Harsiwi., (2020). Peningkatan prestasi dan Motivasi Belajar Matematika melalui Metode Pemberian feedback (Balikan) pada peserta didik., Journal of Primary Education vol.3, No.1, Agustus 2020.




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v8i2.7349

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â