STUDI KOMPARATIF TES PENYAJIAN DATA MAHASISWA PSIKOLOGI

Dwi Widyastuti Nurharyanto

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis komparatif yang bertujuan untuk membandingkan kemampuan penyajian data pada dua kelas yang berbeda sehingga dapat dilakukan analisis untuk mengatasi kendala-kendala yang muncul. Terdapat dua kelas pada Prodi Psikologi dari dua angkatan yang berbeda. Kelas tersebut adalah kelas angkatan 2022 dan kelas angkatan 2023. Mahasiswa pada kelas tersebut mengerjakan tugas penyajian data dengan tabel frekuensi bergolong. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan kemampuan penyajian data pada kelas psikologi angkatan 2022 dan angkatan 2023. Uji normalitas dilakukan terlebih dahulu dan menunjukkan bahwa data dari kedua kelas tidak berdistribusi normal. Data yang tidak normal maka harus dilakukan uji non parametris. Hasil dari penelitian komparatif adalah tidak adanya perbedaan antara kemampuan menyajikan data pada kedua kelas tersebut. Berdasarkan hasil uji statistik non parametris menggunakan uji Tanda (sign-Tets), nilai signifikansi sebesar 0,472 lebih kecil dari 0,005. Hasil ini menyatakan bahwa tidak adanya perbedaan kemampuan penyajian data dalam tabel distribusi frekuensi pada kedua kelas tersebut.


Kata Kunci


Studi Komparatif; Penyajian Data; Statistik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin, A., Malini, S., Indriani, R., & ... (2023). Pelatihan Pengolahan Data Statistik untuk Mahasiswa. ADM: Jurnal Abdi …, 1(1). Retrieved from https://ejournal.lapad.id/index.php/adm/article/view/88

Aida, N., Verawati, N., & Pratiwi, I. (2022). Analisis Literasi Mahasiswa Teknik Sipil dalam Pembelajaran Statistik. Variabel, 5(1), 1. https://doi.org/10.26737/var.v5i1.3099

Aida, N., Verawati, N., Pratiwi, I., & Muttaqin, K. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif GI dan CBL untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Statistika Deskriptif. Jkpm (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Http://Journal.Lppmunindra.Ac.Id/Index.Php/Jkpm/, 2682(2), 273–284.

Ali, F. A., & Murni, V. (2023). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Distribusi Frekuensi Pada Mata Kuliah Statistika Ditinjau Dari Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 1197–1212. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17309

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Retrieved from https://www.scribd.com/doc/301531454/form-kriteria-rumah-sehat-docx

Chusna, C. A. (2023). Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Statistika Deskriptif. Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 6(1), 34–41. https://doi.org/10.61941/iklila.v6i1.218

Jatisunda, M. G., Nahdi, D. S., & Suciawati, V. (2020). Literasi Statistika Mahasiswa Adminitrasi Publik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 134–146. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3488

Martias, L. D. (2021). Statistika Deskriptif Sebagai Kumpulan Informasi. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 40. https://doi.org/10.14421/fhrs.2021.161.40-59

Maysani, R., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Statistika Deskriptif. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 32. https://doi.org/10.22373/jppm.v4i1.6949

Paramis Wari, C., Syntia Monica, D., & Fitri Ramadani, W. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMP 01 Bengkulu Tengah Kelas VII Melalui Diagnostik Pada Penyajian Data. Jurnal Pendidikan Tematik, 1, 123–129.

Wahab, A., Syahid, A., & Junaedi, J. (2021). Penyajian Data Dalam Tabel Distribusi Frekuensi Dan Aplikasinya Pada Ilmu Pendidikan. Education and Learning Journal, 2(1), 40. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i1.91




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v9i1.7827

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â