PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATIC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROBLEM SOLVING DI SMPN 3 KOTA TERNATE

Mujais Apling, Hartina M Nur

Sari


LKPD berbasis STEM (science, technology, engineering, and mathematics) merupakan kolaborasi antar empat bidang pengetahuan dalam kehidupan nyata peserta didik untuk mengidentifikasi, berinovasi serta memecahkan suatu permasalahan dalam menciptakan suatu proyek atau produk Tujuan dari penelitianPenelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk melihat pengaruh LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan problem solving pada materi bioteknologi konvendional. Penelitian ini merupakan jenis penelitan dan pengembanagan (Research dan Development) atau R&D. Penilitian ini menggunakan Instructional Design (Desain pembelajaran) dengan pendekatan ADDIE, Penelitian yang akandilakukan ini mengunakan penelitian deskriptif. Untuk mengung pengaruh bahan ajar LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan problem solving pada materi bioteknologi konvensional di SMPN 3 Kota Ternate. Sampel penelitian sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa LKPD berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) sangat berpengaruh dalam melatih kemampuan problem solving siswa dengan kategori tinggi pada presentase 72%.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, I.D., Toto, T., & Yulisma, L. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan PEnguasaan Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 11(2).

Hermansyah . (2020). Pembelajaran Berbasis STEM Berbantuan ICT dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 5(2).

Mahjatia, N., Susilowati, E., & Mariam, S (2018). Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Inquiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 139.

Purwati, S., & Solihah. (2021). Pengembangan LKPD Elektronik DEngan Pendekatan STEM Berbasis Project-Based Learning Materi Energi dan Pemanfaatannya. Jurnal Taman Cendekia. 05(02).

Subagyo, E., Mustaji., & Mariono, A. (2021). Pengembangan PErangkat PEmbelajaran PJBL dengan PEndekatan STEM UNtuk MEningkatkan Keterampilan Kolaboratif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(X). 34-41.

Silvia, A., & Simatupang, H.(2020). Pengembangan LKPD Berbasis Science, Tecnology, Engineering, and Mathematics untuk Menumbuhkan Keterampilan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA 14 Medan T.P 2019/2020. Best Journal (Biology education science dan Technology . 3(1). 39-44.




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v9i1.8135

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â