Analisis Pengaruh Keterampilan Proses Sains terhadap Hasil Bbelajar Fisika pada mahaisiswa pendidikan Fisika FKIP Uniersitas Khairun

Usman Sambiri, Aji Saputra, Hutri Handayani Isra

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan proses sains dengan hasil belajar fisika calon guru fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei yang bersifat korelasional dengan populasi adalah seluruh mahasiswa S-1 Prodi Pendidikan Fisika yang mengikuti kuliah elektronika dasar 1 yang berjumlah 12 mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan menggunakan analisis korelasi Rank Spearman. Instrumen penelitian terdiri dari 1) tes KPS, dan 2) tes hasil belajar. Hasil analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata KPS adalah 34,08 sedangkan skor rata-rata hasil belajar mahasiswa adalah 59,95. Hasil analisis inferensial diperoleh nilai . Nilai tersebut lebih besar dari nilai  (0.59) sig 2 dengan taraf siginikan 5%. Data tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan korelasi antara KPS dan hasil belajar. Kekuatan korelasinya adalah positif yang cukup kuat. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang cukup kuat antara KPS dan hasil belajar fisika pada materi elektronika dasar 2.

 

Kata kunci: Keterampilan proses sains, Hasil belajar fisika


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v9i1.8242

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â