PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA TERNATE
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdullah Sani, Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta
Ambarsari, W. (2012). Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dasar pada pelajaran biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta.
Agus Budiyono.2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sma. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains
Afiyanti, N. A., Edy, C., dan Soeprodjo, 2014, Keefektifan Inkuiri Terbimbing Berorientasi Green Chemistry terhadap Keterampilan Proses Sains, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 8, No 1, Hal 1281-1287.
Ahmadi. Dkk. 2011. Strategi Belajar Mengajar.Bandung CV Pustaka Setia
Arsyad , Azhar. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arifiani, R., Soeprodjo dan Saptorini, 2012, Pengaruh Pembelajaran Kolaborasi Guided Discovery-Experiential Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa, Chemistry in Education, Vol 2, No 1, Hal 129-135
Dahar. R.W., 2011, Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Erlangga).
Deni Atika, Dkk (Pengaruh Metode Discovery Learning Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. (Jakarta: Rineka Cipta, 2009)
Dantes,N., 2012, Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Farisa. Dkk. 2015. Pengembangan Video. Muhammadiyah
Martiani. 2018. Pengaruh model Guided Discovery Leraning Berbasis aformance Assesment Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di Min 7 Bandar Lampung.
Maya Dkk. 2018. Penerapan model pembelajaran Guided Discovery Leraning (Gdl) untuk meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa SMP 1 Bandar Baru. Jurnal Pendidikan
Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Priadi. Dkk. 2021. Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbasis E-Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Lampung. Jurnal IKRA-ITH Humaniora
Rizal, M. (2014) pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multi representasi terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA siswa SMP. Jurnal pendidikan sanis
Rusi, Dkk (2021) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran
Uno, Hamzah & Lamatenggo, Nina. 2014. Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiono. 2013. Metode penelitian Pendidikan (pendekatan Kuantitafif, kialitatif, dan R&D). Bandung. Alfabeta. Cv.
Sudjana, N., 2005, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar . Bandung : Remaja Rosdakarya
Santrock, J.W.2008. Psikologi Pendidikan (buku 1). Terjemahan Diana Angelika. 2009. Jakarta : Salemba Humanika.
Sugiyono., 2012, Prosedur Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Suprihatiningrum, J., 2013, Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Sahri.dkk. 2015. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Melalui Penerapan Levels Of Inquiry Dalam Pembelajaran IPA Terpadu. Journal EDUSAINS, Vol. 7 No 02:106-113
Sanjaya, W. 2010. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.
Sudjana, N. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja RosdakaryaJakarta: Kencana Prenada medi
Sugihartono,dkk.2007, Psikolog Pendidikan. UNY Pers. Yogyakarta.
Tawil, M.,dan Liliasari, 2014, Keterampilan Sains dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA, Makassar: Badan Penerbit UNM.
Trianto, 2009. Mendesain Model Model Pembelajaran-pembelajaran Inovatif Progressif. Jakarta : PT. Fajar Interpratama Mandiri
Wahyudi, L. E., dan Imam, S., 2013, Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains terhadap Hasil Belajar di SMAN 1 Sumenep, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol 2, No 2, Hal 62-65.
Widarwati, S. 2007. Implementasi Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbasis Teknologi Informasi pada Perkulihan Kajian Mode. Majalah Ilmiah Pendidikan, 3, 224–239.
Wiwin Ambarsari, Slamet Santosa, Maridi 2007. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi, Jurnal Pendidikan Biologi Vol.5 No. 1
Zubaidah,Siti,dkk.2017. Buku IPA kelas 7. Jakarta.Kebd
DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v9i2.9343
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editorial Office:
Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun
Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
INDEXED ON