PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA TERNATE

Ungki Wahyuni, Bahtiar Bahtiar, Yumima Sinyo

Sari


Model Guided Discovery Learning berbantuan Video pembelajaran merupakan model pembelajaran yang menciptakan situasi belajar yang melibatkan siswa belajar secara aktif dan mandiri dalam menemukan suatu konsep atau teori, pemahaman, dan pemecahan masalah dengan memanfaatkan media video pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa dan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis penguruh  model Guided Discovery Learning berbantuan video pembelajaran terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif pada materi Konservasi Keanekeragaman Hayati siswa kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen, sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen berjumlah 38 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol berjumlah 38 siswa sehingga secara keseluruhan berjumlah 76 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengukur hasil belajar kognitif dan angket untuk mengukur keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas berbantuan SPSS, sedangkan uji hipotesis menngukanan uji anacova dan uji t (Independent Sampel test). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 1 kota Ternate yang diajarkan dengan model Guided Discovery Learning berbantuan Video Pembelajaran pada siswa kelas VII SMP Nergeri 1 Kota Ternate.

Kata Kunci


Guided Discovery Learning, keterampilan proses sains, hasil belajar kognitif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah Sani, Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta

Ambarsari, W. (2012). Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dasar pada pelajaran biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta.

Agus Budiyono.2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sma. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains

Afiyanti, N. A., Edy, C., dan Soeprodjo, 2014, Keefektifan Inkuiri Terbimbing Berorientasi Green Chemistry terhadap Keterampilan Proses Sains, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 8, No 1, Hal 1281-1287.

Ahmadi. Dkk. 2011. Strategi Belajar Mengajar.Bandung CV Pustaka Setia

Arsyad , Azhar. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arifiani, R., Soeprodjo dan Saptorini, 2012, Pengaruh Pembelajaran Kolaborasi Guided Discovery-Experiential Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa, Chemistry in Education, Vol 2, No 1, Hal 129-135

Dahar. R.W., 2011, Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Erlangga).

Deni Atika, Dkk (Pengaruh Metode Discovery Learning Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. (Jakarta: Rineka Cipta, 2009)

Dantes,N., 2012, Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Farisa. Dkk. 2015. Pengembangan Video. Muhammadiyah

Martiani. 2018. Pengaruh model Guided Discovery Leraning Berbasis aformance Assesment Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di Min 7 Bandar Lampung.

Maya Dkk. 2018. Penerapan model pembelajaran Guided Discovery Leraning (Gdl) untuk meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa SMP 1 Bandar Baru. Jurnal Pendidikan

Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Priadi. Dkk. 2021. Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbasis E-Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Lampung. Jurnal IKRA-ITH Humaniora

Rizal, M. (2014) pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multi representasi terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA siswa SMP. Jurnal pendidikan sanis

Rusi, Dkk (2021) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran

Uno, Hamzah & Lamatenggo, Nina. 2014. Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiono. 2013. Metode penelitian Pendidikan (pendekatan Kuantitafif, kialitatif, dan R&D). Bandung. Alfabeta. Cv.

Sudjana, N., 2005, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar . Bandung : Remaja Rosdakarya

Santrock, J.W.2008. Psikologi Pendidikan (buku 1). Terjemahan Diana Angelika. 2009. Jakarta : Salemba Humanika.

Sugiyono., 2012, Prosedur Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Suprihatiningrum, J., 2013, Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Sahri.dkk. 2015. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Melalui Penerapan Levels Of Inquiry Dalam Pembelajaran IPA Terpadu. Journal EDUSAINS, Vol. 7 No 02:106-113

Sanjaya, W. 2010. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.

Sudjana, N. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja RosdakaryaJakarta: Kencana Prenada medi

Sugihartono,dkk.2007, Psikolog Pendidikan. UNY Pers. Yogyakarta.

Tawil, M.,dan Liliasari, 2014, Keterampilan Sains dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA, Makassar: Badan Penerbit UNM.

Trianto, 2009. Mendesain Model Model Pembelajaran-pembelajaran Inovatif Progressif. Jakarta : PT. Fajar Interpratama Mandiri

Wahyudi, L. E., dan Imam, S., 2013, Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains terhadap Hasil Belajar di SMAN 1 Sumenep, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol 2, No 2, Hal 62-65.

Widarwati, S. 2007. Implementasi Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbasis Teknologi Informasi pada Perkulihan Kajian Mode. Majalah Ilmiah Pendidikan, 3, 224–239.

Wiwin Ambarsari, Slamet Santosa, Maridi 2007. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi, Jurnal Pendidikan Biologi Vol.5 No. 1

Zubaidah,Siti,dkk.2017. Buku IPA kelas 7. Jakarta.Kebd




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v9i2.9343

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â  Â