Efektifitas PhET Simulation sebagai Virtual Laboratory dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa IPA Berbasis Pesantren

Riris Idiawati, Ferdiana Ferdiana, Nila Mutia Dewi, Elok Hidayah, Febby Rizka Tamami

Sari


Tujuan penelitian ini adalah memanfaatkan laboratorium virtual Physic Education and Technology (PhET) simulation sebagai media pembelajaran sebagai salah satu solusi inovatif yang dapat dilakukan dalam upaya  meningkatkan pemahaman konsep fisika mahasiswa. PhET menyediakan simulasi virtual interaktif yang dapat digunakan secara daring maupun luring, sehingga cocok untuk lingkungan dengan keterbatasan akses internet dan juga keterbatasan infrastruktur seperti fasilitas laboratorium. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen berbentuk one group pretest-posttest design. Sampel penelitian yaitu mahasiswa Program studi Pendidikan IPA Tahun Ajaran 2024/2025  sebanyak 14 orang. Pengambilan data dilakukan dua kali yaitu sebelum melakukan treatment (pretest) dan sesudah melakukan treatment (posttest), kemudian untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep fisika mahasiswa dilakukan uji N-gain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar mahasiswa memperoleh kriteria tinggi dengan skor N-gain sebesar 0,732. Oleh karena itu hasil studi menyatakan bahwa penggunaan laboratorium virtual PhET simulation sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep fisika mahasiswa.

Kata Kunci


Laboratorium Virtual; PhET Simulation; Pemahaman Konsep Fisika

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


B. A. Habsy, I. Nurjanah, S. A. Putri, dan A. Z. Naisyla, “Konsep Dasar Pendidikan: Menumbuhkan Pemahaman untuk Menciptakan Pembelajaran yang Berkualitas,†TSAQOFAH, vol. 4, no. 6, hlm. 4204–4227, Nov 2024, doi: 10.58578/tsaqofah.v4i6.4159.

P. R. Tavares dkk., “The role of digital information and communication technologies in modern education,†Contrib. LAS Cienc. Soc., vol. 17, no. 2, hlm. e4980, Feb 2024, doi: 10.55905/revconv.17n.2-015.

Moh. Abdullah, Y. Abu Bakar, dan Abd. Rachman Assegaf, “The Relevance Between Pesantren’s Character Education and Ismail Raji Faruqi’s Thought,†Santri J. Pesantren Fiqh Sos., vol. 5, no. 1, hlm. 39–54, Jun 2024, doi: 10.35878/santri.v5i1.1008.

Rahmad Fuad dan Iswantir M, “Peningkatan Kualitas Pendidikan di Pesantren Melalui Inovasi Kurikulum,†J. Huk. Polit. DAN ILMU Sos., vol. 3, no. 2, hlm. 118–131, Mei 2024, doi: 10.55606/jhpis.v3i2.3735.

S. Smye, “The Physics of Physik,†J. R. Coll. Physicians Edinb., vol. 48, no. 1, hlm. 3–8, Mar 2018, doi: 10.4997/jrcpe.2018.101.

R. Darwis, M. R. Hardiansyah, N. Marda, dan W. O. Hamida, “Peningkatan Kapasitas Guru Dan Siswa Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran,†MANGENTE J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 1, hlm. 83, Nov 2023, doi: 10.33477/mangente.v3i1.5411.

A. Fitriani, “Comparison of the Effect of Using Virtual Laboratory Based on PhET Simulation and Real Laboratory in Improving Mastery of Electronic Concepts of Physics Education Students,†Tekno - Pedagogi J. Teknol. Pendidik., vol. 14, no. 2, hlm. 22–28, Okt 2024, doi: 10.22437/teknopedagogi.v14i2.37487.

W. Wirda, E. Mauvizar, S. P. W. Lubis, dan S. R. Muzana, “Utilization of PhET Simulations in Replacing Real Laboratories for Physics Learning,†Radiasi J. Berk. Pendidik. Fis., vol. 16, no. 2, hlm. 71–79, Sep 2023, doi: 10.37729/radiasi.v16i2.3539.

P. Vogt, T. Wilhelm, dan J. Kuhn, “Glühlampenkennlinie mit der PhETâ€Simulation: Smarte Physik,†Phys. Unserer Zeit, vol. 54, no. 3, hlm. 150–151, Mei 2023, doi: 10.1002/piuz.202370309.

U. Umiliya, A. Wati, dan I. Mahadi, “The Effectiveness of the Application of PhET with Inquiry Learning Model to Improve Understanding of the Concept,†J. Sci. Educ. Res., vol. 7, no. 2, hlm. 82–92, Sep 2023, doi: 10.21831/jser.v7i2.59148.

Suhirman dan S. Prayogi, “Problem-based learning utilizing assistive virtual simulation in mobile application to improve students’ critical thinking skills,†Int. J. Educ. Pract., vol. 11, no. 3, hlm. 351–364, Mei 2023, doi: 10.18488/61.v11i3.3380.

State Islamic Institute of Kerinci dan O. D. Pranata, “Physics Education Technology (PhET) as Confirmatory Tools in Learning Physics,†J. Ris. Fis. Edukasi Dan Sains, vol. 10, no. 1, hlm. 29–35, Mei 2023, doi: 10.22202/jrfes.2023.v10i1.6815.




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v9i2.9356

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â  Â