KERAGAMAN DAN HERITABILITAS GENOTIP JAGUNG MERAH ( Zea Mays L.) LOKAL

Gilsy Herlinda, Sri Soenarsih DAS, Sarttika Syafi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen keragaman manakah yang paling mempengaruhi pada hasil tanaman jagung merah lokal serta nilai heritabilitas yang diakibatkan oleh ragam lingkungan atau ragam genetik. Penelitian ini dilakukan di kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Khairun Ternate, dengan ketinggian tempat 80 m dpl, mulai bulan September - November 2016. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi langsung dan deskripsi heritabilitas genotip. Hasil analisis ragam karakter kuantitatif yang diperoleh menunjukkan keragaman genetik yang sempit nilai berkisar dari  2,00–42,19% ( agak rendah) dan 1,60-39,16% (rendah) di ikuti dengan nilai heritabilitas dalam arti luas yaitu 0,63-0,9%. Karakter kualitatif dengan peubah warna biji, warna bunga jantan, warna batang dan warna bunga betina dikendalikan oleh 2-3 gen dengan aksi gen Epistasis.

Kata Kunci: Jagung Merah, Keragaman Genetik, Heritabilitas, Segregasi

References


Allard, R. W., 1992. Pemuliaan Tanaman 1. Rineka Cipta, Jakarta.

Allard, R.W. 1960. Prfinciples of plant breeding. John Wiley & Sons, Inc., New York.

Carsono,N., Darniadi,S., D. Ruswandi, W.Puspasari, D. Kusdiana dan A.Ismail. 2004. Evaluasi feotipik, variabilitas dan heritabilitas karakter agronomi penting pada galur murni jagung S4A. Dalam Astanto Kasno et.al., (eds) Proseding Lokakarya PERIPI VII. Dukungan Pemuliaan Terhadap Industri Perbenihan pada Era Pertanian Kompetitif. PERIPI dan Balitkabi. Hal 312-319.

Garden. 2013. Sejarah Jagung Jenis dan Cara Menanamnya. Di akses pada tanggal 12 Februari 2016. Http://benihbijibunga.blogspot.co.id/2013/04/jagung-sejarah-jenis-dan-cara-menanamnya.html.

Mangoendidjojo, W., 2003. Dasar-Dasar Pemuliaan Tanaman. Kanisius, Yogyakarta.

Moedjiono dan M.J. Mejaya. 1994. Variabilitas genetik beberapa karakter plasma nutfah jagung koleksi Balittan Malang. Zuriat: 5 (2): 27-32.

Pinaria A., Baihaki A., Setiamihardja R., Dardjat A.A. 1995. Variabilitas genetik dan heritabilitas karakter-karakter biomassa 53 genotipe kedelai. Zuriat 2: 88-92.

Poehlman, J. M. 1979. Breeding Field Crops Second Edition. AVI Publishing Company, Inc. Westport Connecticut. United States of America.

Rachmadi, M., N. Hermiati, A. Baihaki, R. Setiamihardja. 1990. Variasi genetik dan heritabilitas komponen hasil dan hasil galur harapan kedelai. Zuriat 1(1): 48-51.

Rostini N., E. Yuliani dan N. Hermiati, 2006. Heritabilitas, Kemampuan Genetik dan Korelasi Karakter Daun dengan Buah Muda, Heritabilitas pada 21 Genotipe Nenas. Zuriat, 17(2): 114–121.

Sa’diyah, N., T.R. Basoeki, A.E. Putri, D. Maretha dan S.D. Utomo. 2009. Korelasi, Keragaman Genetik dan Heritabilitas Karakter Agronomi Kacang Panjang Populasi F3 Keturunan Persilangan Testa Hitam x Lurik. Jurnal Agrotropika Vol 14 (1): 37 – 41.

Sitompul, S.M dan B. Guritno. 1995. Analisis Pertumbuhan Tanaman. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Soenarsih, S. D.A.S. 2005. Heritabilitas dan Aksi Gen Toleransi Terhadap Cekaman Kekeringan Pada Persilangan Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.). Institut Pertanian Bogor. Bogor. Hal 49-65.

Stansfield, W. D., 1991. Genetika. Alih Bahasa M. Affandi dan L. T. Hardy. Erlangga, Jakarta.

Welsh, R. 1991. Dasar - Dasar Genetika dan Pemuliaan Tanaman. Terjemahan J.P. Mogea. Erlangga, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33387/tk.v7i2.793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 TECHNO: JURNAL PENELITIAN




-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

           

        

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
TECHNO: Jurnal Penelitian
Published by: LPPM Universitas Khairun
Addres : Jalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara, Email: techno@unkhair.ac.id | URL: http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/Techno 

 


Techno Jurnal Penelitian is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.