MORFOMETRI CANGKANG PADA GENUS Strombus DAN Cerithidea DI PANTAI KOTA TERNATE SELATAN

Iklima Ishak, Zulkifli Ahmad, Ade Haerullah

Abstract


Gastropoda merupakan salah satu sumber daya hayati yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Cangkang gastropoda sudah terpilin sejak masa embrio. Gastropoda umumnya bercangkang tunggal yang terpilin membentuk spiral dengan bentuk dan warna yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mencandra morfometri dan mendeskripsikan non-morfometri cangkang pada genus Strombus dan Cerithidea di tiga lokasi sampling, yakni pantai Bastiong, Fitu, dan Jambula dengan metode survei jelajah bebas. Teknik pengumpulan data meliputi morfometrik dan non morfometrik. Hasil penelitian genus Strombus dan Cerithidea ditemukan sebanyak 111 individu dari 14 jenis yang teridentifikasi. Parameter morfometri genus Strombus dan Cerithidea yang ditemukan di tiga lokasi sampling menunjukkan Panjang Cangkang (PC), Lebar Cangkang (LC), Lebar Kolumela (LK), Tinggi Aperture (TA) dan Lebar Aperture (LA) yang berbeda-beda, serta pengamatan non-morfometrik pada genus Strombus, berupa tipe cangkangnya concentric dan putaran cangkang sinistral, sedangkan pada genus Cerithidea tipe cangkangnya multispiral dan arah putaran dekstral. Kedua genus tersebut memiliki warna dan bentuk yang beragam.

Kata Kunci:  Cangkang, Cerithidea, Kota Ternate, Morfometri, Strombus

References


Clemente, S. 2011. Recruitment of Mud Clam Polymesoda erosa (Solander, 1876) in a Mangrove Habitat of Chorao Island, Goa. Brazilian Journal of Oceanography.

Dody, S. 2010. Morfometrik dan Pertumbuhan Kerang Tapes (Tapes literatus) di Pulau Fair, Maluku Tenggara. Prosiding Seminar Riptek Kelautan Nasional, Ancol Timur. Jakarta.

Karyanto, P. M. dan Meti I. 2004. Variasi cangkang gastropoda ekosistem mangrove cilacap sebagai sumber pembelajaran moluska; Gastopoda. Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret

Komala, R, F.Yulianda, dan D.Lumbanbatu. 2011 Morfometri Kerang Anadara granosa dan anadara antiquate pada Wilayah yang Tereksploitasi di Teluk Lada di perairan Selatan Sunda. Jurnal Pertanian-UMMI.

Mujiono. N. 2011. Studi Variasi Motif Dan Morfometri Cangkang Pada Clithon oualaniensis (Gastropoda: Neritidae) Di Indonesia. Pusat Penelitian Biologi-LIPI.

Nontji. 1987. Laut Nusantara. Djambatan. Jakarta

Rizkya , S., Siti.R., Max, R.M. 2012. Studi kelimpahan Gastrropoda (Lambis spp). Pada Daerah Makro Alga Di pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. J. Of management of aquatic resurces.

Rusnaningsih. 2012. Struktur Komunitas Gastropoda dan Studi Populasi Cerithidea Obtusa (Lamarck 1822) di Hutan Mangrove Pangkal Babu Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi. [Tesis]. Pascasarjana Universitas Indonesia. Depok.

Siddik, J. 2011. Sebaran Spasial Dan Potensi Reproduksi Populasi Siput Gonggong (Strombus turturela) Di Teluk Klabat Bangka-Belitung. [Tesis]. Institut Pertanian Bogor.

Suwignyo S, Bambang W, Yusli W, Majariana K. 2005. Avertebrata Air jilid 1. Jakarta. Penebar Swadaya.

Tamsar, Emiyarti, dan Nurgaya, W., 2013, Studi Laju Pertumbuhan dan Tingkat Eksploitasi Kerang Kalandue (Polymesoda erosa) Pada Daerah Hutan Mangrove di Teluk Kendari. Jurnal Mina Laut Indonesia




DOI: https://doi.org/10.33387/tk.v7i2.869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 TECHNO: JURNAL PENELITIAN




-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

           

        

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
TECHNO: Jurnal Penelitian
Published by: LPPM Universitas Khairun
Addres : Jalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara, Email: techno@unkhair.ac.id | URL: http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/Techno 

 


Techno Jurnal Penelitian is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.