PENATAAN REKLAME RUANG LUAR KAWASAN KOTA TERNATE
Sari
Reklame merupakan salah satu alat komunikasi visual dalam lingkungan perkotaan dengan menggunakan tanda-tanda atau signage. Keberadaan reklame dimanfaatkan untuk fungsi informasi, orientasi, statutori, visual, dan fungsi ornamen. Pemasangan reklame tidak hanya pada bangunan tetapi juga pada ruang terbuka. Kota Ternate atau khususnya di kawasan perdagangan menjadi prioritas utama menjadi tempat dipasangnya berbagai reklame yang berdampak pada menurunya kualitas visual citra kota. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui karakteristik papan reklame dan model penataan papan reklame di kawasan kota Ternate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik reklame dengan konstruksi parmanen dominan terletak pada kawasan-kawasan perdagangan. Jenis reklame yang ditampilkan bersifat komersil. Karakteristik reklame dengan konstruksi non-permanen atau insidentil terletak pada hampir keseluruhan koridor jalan Kota Ternate, misalnya kegiatan tahunan yang sering diselenggarakan seperti PEMILU dan event tertentu. Konsep penataan reklame dibuat dalam bentuk model arahan dan rencana untuk menciptakan keserasian dan keselerasan reklame dengan lingkungan dimana reklame ditempatkan sehingga membentuk citra kawasan yang lebih aman, nyaman, dan sesuai dengan karakter fungsi kawasan. Arahan jenis reklame ruang luar terdiri dari Reklame megatron/videotron/LED, Reklame billboard/papan, Reklame berjalan/kendaraan, Reklame baliho, Reklame kain/spanduk, Reklame Cahaya/Neon Box, Reklame film/slide, Reklame selebaran/brosur/leafleat, Reklame striker/melekat, Reklame udara, Reklame suara, Reklame peragaan, dan Reklame Lukisan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Carr, Stephen et all. (1992). Public Space.
Cambridge : Cambridge University Press.
Jefkins, Frank. (1996). Periklanan. Edisi Ketiga.
Terjemahan Haris Munandar,
Erlangga, Jakarta.
Lynch, Kevin. (1987). Good City Form. The
Massachusetts Institute of
Technology,Cambridge.F.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.