ADAPTASI KENYAMANAN TERMAL KAWASAN PADA PENATAAN MASTER PLAN SMART CAMPUS UNKHAIR

Asri A Muhammad, Firdawaty Marasabessy, Ahmad Novrizal Maani

Sari


Pesatnya pembangunan suatu kota mengakibatkan meningkatnya suhu udara di kota tersebut. Kondisi ini biasa dikenal sebagai efek Urban Heat Island. Hal ini berdampak pada aktivitas yang terjadi di ruang kota. Smart Campus Unkhair direncanakan sebagai kampus baru yang berada di Kota Tidore Kepulauan. Terkait dengan hal tersebut kenyamanan termal menjadi suatu hal yang penting dan tersedia bagi pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penataan hardscape dan softscape terhadap aspek nyaman termal pada kawasan Smart Campus Unkhair.  Metode yang digunakan adalah metode pengukuran empirik dan simulasi menggunakan software Envi-MET. Envi-MET ini digunakan mensimulasi kondisi termal koridor. Manfaat Penelitian ini dapat meningkatkan pengetahuan peneliti dapat lingkup kenyamanan termal dan  dapat digunakan sebagai rekomendasi bagi penataan, pembangunan maupun pengembangan kampus Unkhair dengan mempertimbangkan aspek kenyamanan termal.


Teks Lengkap:

PDF ##common.remote##

Referensi


Kusumawanto, Arif. 2005. Pengendalian Arsitektural Terhadap Kondisi Kenyamanan Termal Ruang Luar Di Kawasan Urban, Studi Kasus Kawasan Koridor Malioboro. Institut Teknologi Bandung.

Mangunwijaya, Y.B. 1998. Pengantar Fisika Bangunan. Djambatan: Yogyakarta.

Matsufuji, Yasunori. 2004. First International Workshop on Sustainable Habitat Systems. Kyushu University: Fukuoka, Japan

Moore, Fuller. 1993. Environmental Control System.McGraw-Hill Inc: Singapore.

Nikolopoulou M, Lykoudis S, Kikira M. 2002. Bioclimate, comfort & urban spaces: Thermal Comfort in Outdoor Spaces, Field Studies in Greece. RUROS.

Satwiko, Prasasto. 2004. Fisika Bangunan 2. Penerbit Andi: Yogyakarta

Sugini. 2007. Model Kenyamanan Termal Termo Adaptif Psikologis pada Ruang Dalam Bangunan di Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta.

Wang, David,dkk. 2002. Architectural Research Methods. John Wiley & Sons INC: New York.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.