LITERASI KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK NEGERI 3 TERNATE

Yolanda Mohungo

Sari


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertjuan untuk memberikan literasi kewirausahaan atau entrepreneurship kepada siswa SMK Negeri 3 Ternate agar mampu mandiri.tidak lagi terfokus menjadi pencari kerja. Peningkatan jumlah pengangguran terdidik semakin bertambah seiring dengan bertambahnya para usia produktif yang telah lulus stelah menempuh pendidikan di sekolah. Namun tidak semua lulisan tersebut terserap sebagai tenaga kerja karena kesempatan kerja tidak sebanding dengan Angkatan kerja yang dihasilkan dari tahun ke tahun. Oleh sebab itu lulusan harus dibekali keterampilan kewirausahaan sebagai langkah nyata untuk memecahkan masalah relevansi pendidikan dan model pendidikan lainnya untuk menambah nilai produktivitas sehingga tercipta sebuah pemikiran bahwa lulusan sekolah tidak lagi sebagai pencari kerja melainkan sebagai pencipta lapangan kerja. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 3 Juni 2025 dengan melibatkan sekitar 30 siswa SMK Negeri 3 Ternate. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa tentang kewirausahaan dan mulai tertanam semangat kewirausahaan. Permasalahan yang diidentifikasi dalam kegiatan ini adalah kurangnya pemahaman siswa tentang kewirausahaan serta rendahnya minat berwirausaha pada siswa SMK Negeri 3 Ternate. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diberikan pemahaman tentang apa itu kewirausahaan sehingga bisa menumbuhkan minta berwirausaha pada siswa di SMK Negeri 3 Kota Ternate.

Referensi


Amar, S. S. (2018). Penerapan penghitungan, penyetoran, dan Rosmiati, Putra, I., Nasori, A., Sari, N., & Dwijayanti, N. S. (2022). Pelatihan Pembelajaran Berbasis Knowledge Dan Entrepereneurial Learning Untuk Mengatasi Pengangguran Intelektual Di SMA Negeri 1 Sungai Penuh. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 732–742

Noviani, L., Wahida, A., & Umiatsih, S. T. (2022). Strategi Implementasi Proyek Kewirausahaan Di SMA Negeri 1 Sumberlawang. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 27(1), 60–70.https://doi.org/10.20961/jkb.v27i1.58934

Hutabarat, H., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58–69.

Shalikha, P. A. A. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE), 15(2), 86–93.

Habibie, F. H., Purnama, B. E., & Triyono, R. A. (2014). Pembangunan Sistem Informasi Penerimaan Calon Tenaga Kerja Secara Online Berbasis Web Pada Bursa Kerja Khusus Smk Ganesha Tama Boyolali. Jurnal TIK Provisi, 5(2).

Samad, A., & Jamaluddin, J. (2016). Efektivitas Pengembangan Sumber Daya Pegawai Di SMK YPLP PGRI 1 Makassar. Jurnal Office, 2(2), 195-202.

Kurniasari, D., & Isnani, G. (2015). Analysis of Implementation of the World Cooperation SMK Enterprises/Analisis Pelaksanaan Kerjasama SMK dengan Dunia Usaha. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen), 1(1), 24-33.

Siagian, I., Paturahman, M., & Chadis, C. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Program Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga Pada Smk Pgri 16 Jakarta. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(3), 223-234.

Diniaty, A., & Atun, S. (2015). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) industri kecil kimia berorientasi kewirausahaan untuk SMK. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 46-56.

Tahir, T., Hasan, M., Dinar, M., & Supatminingsih, T. (2020). Minat dan Perilaku Wirausaha Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran yang Mengikuti Praktik Bisnis pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel di SMKN 1 Gowa. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(04), 26-34.

Musanna, A. (2017). Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1),


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.