LITERASI KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK NEGERI 3 TERNATE

Yolanda Mohungo, Laela Laela, Zandy Pratama Zain, Rusandry Rusandry, Putri Ekawati Dharma, Agatha Christy Situru, Sahrial Maulana, Mahardika Catur Putriwana Malik

Sari


Kegiatan  Pengabdian  Kepada  Masyarakat  ini  bertjuan  untuk memberikan  literasi  kewirausahaan  atau  entrepreneurship  kepada siswa SMK Negeri 3 Ternate agar mampu mandiri.tidak lagi terfokus menjadi  pencari  kerja.  Peningkatan  jumlah  pengangguran  terdidik semakin  bertambah  seiring  dengan  bertambahnya  para  usia produktif yang telah lulus stelah menempuh pendidikan di sekolah. Namun  tidak  semua  lulisan  tersebut  terserap  sebagai  tenaga  kerja karena  kesempatan  kerja  tidak  sebanding  dengan  Angkatan  kerja yang dihasilkan dari tahun ke tahun. Oleh sebab itu lulusan harus dibekali  keterampilan  kewirausahaan  sebagai  langkah  nyata  untuk memecahkan  masalah  relevansi  pendidikan  dan  model  pendidikan lainnya  untuk  menambah  nilai  produktivitas  sehingga  tercipta sebuah pemikiran bahwa lulusan sekolah tidak lagi sebagai pencari kerja  melainkan  sebagai  pencipta  lapangan  kerja.  Kegiatan  ini dilaksanakan  pada  tanggal  3  Juni  2025  dengan  melibatkan sekitar 30  siswa  SMK  Negeri  3  Ternate.  Hasil  kegiatan  menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa tentang kewirausahaan dan mulai  tertanam  semangat  kewirausahaan.  Permasalahan  yang diidentifikasi  dalam  kegiatan  ini  adalah  kurangnya  pemahaman siswa  tentang  kewirausahaan serta  rendahnya  minat  berwirausaha pada  siswa  SMK  Negeri  3  Ternate.  Untuk  mengatasi  permasalahan tersebut  maka  diberikan  pemahaman  tentang  apa  itu kewirausahaan  sehingga  bisa  menumbuhkan  minta  berwirausaha pada siswa di SMK Negeri 3 Kota Ternate.

Referensi


Amar, S. S. (2018). Penerapan penghitungan, penyetoran, dan Rosmiati, Putra, I., Nasori, A., Sari, N., & Dwijayanti, N. S. (2022). Pelatihan Pembelajaran Berbasis Knowledge Dan Entrepereneurial Learning Untuk Mengatasi Pengangguran Intelektual Di SMA Negeri 1 Sungai Penuh. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 732–742 Noviani, L., Wahida, A., & Umiatsih, S. T. (2022). Strategi Implementasi Proyek Kewirausahaan Di SMA Negeri 1 Sumberlawang. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 27(1), 60– 70.https://doi.org/10.20961/jkb.v27i1.58934

Hutabarat, H., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58–69.

Shalikha, P. A. A. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE), 15(2), 86–93.

Habibie, F. H., Purnama, B. E., & Triyono, R. A. (2014). Pembangunan Sistem Informasi Penerimaan Calon Tenaga Kerja Secara Online Berbasis Web Pada Bursa Kerja Khusus Smk Ganesha Tama Boyolali. Jurnal TIK Provisi, 5(2).

Samad, A., & Jamaluddin, J. (2016). Efektivitas Pengembangan Sumber Daya Pegawai Di SMK YPLP PGRI 1 Makassar. Jurnal Office, 2(2), 195-202.

Kurniasari, D., & Isnani, G. (2015). Analysis of Implementation of the World Cooperation SMK Enterprises/Analisis Pelaksanaan Kerjasama SMK dengan Dunia Usaha. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen), 1(1), 24-33.

Siagian, I., Paturahman, M., & Chadis, C. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Program Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga Pada Smk Pgri 16 Jakarta. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(3), 223-234.

Diniaty, A., & Atun, S. (2015). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) industri kecil kimia berorientasi kewirausahaan untuk SMK. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 46-56.

Pemasaran yang Mengikuti Praktik Bisnis pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel di SMKN 1 Gowa. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(04), 26-34.

Musanna, A. (2017). Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1),


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.