THE DIFFICULTIES IN PRODUCING CERTAIN ENGLISH SOUNDS BY NATIVE SPEAKER OF MAKIAN

Safrudin Sahmadan, Ali Ajam

Sari


Penelitian ini menyelidiki kesulitan dalam mengucapkan bunyi bahasa Inggris oleh penutur Makian. Mengingat fakta bahwa kesalahan pengucapan bahasa kedua sering disebabkan oleh transfer sistem bunyi bahasa pertama yang sudah mapan. Tulisan ini mengkaji beberapa karakteristik perbedaan fonologi antara bahasa Makian dan bahasa Inggris. Penelitian berdasarkan hasil wawancara terhadap 20 siswa MTs. Assyfa Hategau, Tidore, Maluku Utara. Penelitian ini juga membahas beberapa area pengucapan yang bermasalah bagi pebelajar bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana peneliti menganalisis dan menjelaskan data dengan cara mendeskripsikan penggunaan kata. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi dan wawancara, dimana peneliti meminta subjek mengucapkan bunyi. Berdasarkan pada penelitian ini ditemukan bahwa ada beberapa penyebab kesulitan pengucapan bunyi bahasa Inggris oleh penutur asli Makian meliputi perbedaan karakteristik sistem vowel bahasa Inggris dan Makian, seperti Lax dan Tense Vowel, distribusi konsonan, perbedaan aspek supra-segmental seperti ritme, penekanan dan intonasi, perbedaan pada huruf vokal yang lebih banyak ditemui di bahasa Inggris, dan perbedaan aturan-aturan fonologi serta asimilasi.

Kata Kunci


Bunyi bahasa inggris; pengucapan; kesulitan pengucapan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Avery, P. & Ehrlich, S. 1992. Teaching American English pronunciation. Oxford: Oxford University Press.

Bodgan, Tylor & Moleong, J.1996. Methodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. P, 3.

Boeree. 2005. Methodology of Research, qualitative methodology. Jakarta: Bumi Askara

Brown, H. D. 1994. Principles of language learning and teaching (3rd ed.).

Celce-Murcia, M., & Hawkins, B. 1985. Contrastive analysis, error analysis, and interlanguage analysis. In M. Celce-Murcia (Ed.). Beyond basics: Issues and research in TESOL (pp. 6-77). Rowley, MA: Newbury House.

Charles Hall. 2017. Phonetics, phonology & pronunciation for the classroom. Alfaisal University. Palgrave press.

Kenworthy, J. 1987. Teaching English pronunciation. London: Longman.

Ladefoged, P. 1982. A course in phonetics. New York: Harcourt Brace. Language Learning, 22, 29-41. Oxford University Press.

Swan, M. & Smith, B. (Eds.). 1987. Learner English: A teacher’s guide to interference and other problems. Cambridge: Cambridge University Press.

Whitman, R., & Jackson, K. 1972. The unpredictability of contrastive analysis. Language learning. 22, 29-41.




DOI: https://doi.org/10.33387/j.bilingual.v11i2.3993

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

EDITORIAL OFFICE:

Gedung FKIP Universitas Khairun, Jl. Bandara Baabullah Kelurahan Akehuda Kota Ternate Utara, 97728

2088-2858 (media cetak)

2774-9681 (media online)

Kontak Person: Saiful Latif (+62 813-4031-4232)

Our Journal has been indexed by:

      

STATISTIK PENGUNJUNG

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
slot gacor slot